Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Lebih Baik Scoopy atau BeAT Untuk Dijadikan Skuter Matic Perkotaan


Lebih Baik Scoopy atau BeAT Untuk Dijadikan Skuter Matic Perkotaan

Potongan Angsuran Hingga 9 Bulan

*Khusus Jakarta – Tangerang

Cek Promo

Lokasi Dealer Nusantara Sakti (NSS)

*Tersebar di 27 Provinsi Indonesia

Cek Detail Kota

Perbedaan Scoopy dan BeAT

Sebelum membahas mengenai mana yang lebih baik maupun mana yang lebih unggul, KlikNSS ingin menyampaikan bahwa DP kredit Honda BeAT hanya 800 ribu mulai Juli 2023. Sedangkan Honda Scoopy hanya memerlukan DP 1,5 juta untuk pembelian di KlikNSS. Anda bisa langsung lakukan klaim melalui link WhatsApp resmi KlikNSS yang sudah disematkan pada teks DP motor masing-masing.


Mari kembali ke konteks awal, mengenai kedua skutik Honda 110 CC yang sering menjadi perdebatan tersendiri mengenai mana yang lebih baik. 


Honda Scoopy dan Honda BeAT sama-sama memiliki penggemar dan pengguna yang banyak di Indonesia. Beberapa kali juga sering muncul topik perdebatan yang membahas tentang kedua motor ini. Salah satunya mengenai “Lebih Baik Scoopy atau BeAT” untuk dijadikan pilihan kedaraan skuter matic perkotaan. Kedua motor ini memiliki beberapa perbedaan dan kesamaan tersendiri. Dan berikut adalah beberapa hal yang menjadi perbedaan antara Scoopy dan BeAT:


  • Perbedaan Curb Weight (Berat Kosong). Honda BeAT memiliki berat 89 kg sedangkan Honda Scoopy memiliki berat 95 kg.
  • Perbedaan Headlamp. Honda BeAT menggunakan halogen sedangkan Scoopy menggunakan LED Projector untuk headlamp yang dipakai.
  • Perbedaan Ukuran Ban dan Velg. Honda BeAT memiliki ukuran ban depan 80/90 dan 90/90 pada ban belakang, dengan ukuran velg 14 inch. Sedangkan Honda Scoopy memiliki ukuran ban depan 100/90 dan 110/90 pada ban belakang, dengan ukuran velg 12 inch.
  • Tipe Mesin. Honda BeAT menggunakan mesin SOHC tanpa pendingin udara, sedangkan Honda Scoopy menggunakan mesin SOHC dengan pendingin udara.
  • Tipe Starter. Honda BeAT menggunakan tipe starter elektrik - kick starter, sedangkan Honda Scoopy menggunakan tipe starter elektrik - kick starter dan tipe starter elektrik (Tipe Scoopy Prestige).


Buat Pesanan Langsung

*Tersedia Tipe CBS & CBS-ISS

Kesamaan Scoopy dan BeAT

Di antara perbedaan yang ada, terdapat kesamaan Scoopy dan BeAT pada spesifikasi yang diberikan. Berikut adalah kesamaan spesifikasinya:


  • Torsi Maksimum. Honda BeAT dan Scoopy memiliki kesamaan torsi maksimum 9,3 N.m/5.500 rpm.
  • Sistem Suplai Bahan Bakar. Honda BeAT dan Scoopy sama-sama memakai PGM-FI (Injeksi) pada sistem suplai bahan bakarnya.
  • Tipe Rangka. Honda BeAT dan Scoopy telah memakai rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) untuk rangka motornya.
  • Sistem Pengereman. Honda BeAT dan Scoopy sama-sama memakai sistem pengereman Combi Brake System.
  • Kapasitas Tangki Bensin. Kapasitas tangki bensin BeAT dan Scoopy dapat memuat 4,2 liter.
  • Rasio Kompresi. Honda BeAT dan Scoopy memiliki rasio kompresi yang sama yaitu 10:1.


Lebih Baik Scoopy atau BeAT?

Dari perbedaan yang ada, tidak ada yang mencolok pada performa mesin, justru banyak kesamaan pada motor BeAT dan Scoopy. Dengan torsi maksimum yang sama, volume langkah 109,5 CC yang sama, sistem suplai bensin dan rasio kompresi. Oleh sebab itu motor Scoopy dan BeAT memiliki performa yang sama pada mesin. Namun kedua motor ini memiliki perbedaan pada bobot motor (curb weight) Scoopy lebih berat 6 kg dibanding Honda BeAT. 


Perbedaan bobot ini dikarenakan oleh bentuk dan dimensi motor yang berbeda, dimana Honda Scoopy memiliki badan yang lebih lebar sekitar 20 mm. Dengan gaya retro ala Scoopy dan gaya sporty ala BeAT tentukan pilihan sesuai selera, karena kedua motor ini hampir sama secara spesifikasi motor. Scoopy dan BeAT sama-sama cocok dijadikan kendaraan untuk berkendara di perkotaan.


Selain itu dengan promo yang sudah dimiliki secara spesifik pada masing-masing motor, mungkin dapat membantu membandingkan mana motor yang tepat dan lebih baik sesuai kapasitas finansial dari pembelinya. Pastikan hitungan angsuran yang dipilih merupakan sepertiga dari penghasilan tetap bulanan, agar mendapat kemudahan dalam masa pembayaran tenor cicilan pembelian kredit

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI