Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Langkah Mudah Usaha Ikan Lele yang Sangat Potensial, Berani Coba?




(Credit : justdial.com)

Saat ini usaha ikan lele sudah menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat potensial dan diminati banyak orang. Tak hanya bisa memberikan omset yang besar, usaha yang satu ini juga tergolong mudah untuk dilakukan dan hanya membutuhkan modal usaha kecil. Budidaya ikan lele bisa memberikan peluang luar biasa untuk pebisnis. Hal tersebut karena pangsa pasar dan juga masyarakat secara luas sudah mengenal ikan lele dengan akrab.

Sebagai peluang bisnis yang cukup penting untuk perjalanan bisnis Anda, maka Anda juga harus jeli dalam memilih bisnis yang tepat. Di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai peluang usaha ikan lele yang cukup potensial dan dapat dilakukan oleh berbagai kalangan.

Peluang Usaha Ikan Lele

Usaha ikan lele ini sangat cocok untuk para pengusaha pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Seperti usaha lainnya, bisnis ikan lele ini juga memerlukan ketekunan. Sebab, dalam melakukan budidaya ikan lele, Anda membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk bisa membesarkan ikan lele hingga nantinya bisa dijual dan dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa cara dalam memulai usaha ikan lele yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Persiapkan Kolam

Langkah pertama yang harus dipersiapkan sebelum memulai budidaya ikan lele adalah dengan mempersiapkan beberapa kolam ternak. Jumlah kolam tersebut diperlukan untuk memisahkan antara benih dan ikan lele yang sedang berkembang, serta ikan lele yang sudah siap panen. Hal tersebut bertujuan agar usaha ikan lele berjalan dengan optimal.
Tidak perlu menyediakan kolam yang besar, Anda dapat membuat kolam ikan lele menggunakan terpal dengan besaran volume yang bisa disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada di halaman rumah. Selain itu, Anda perlu memperhatikan kondisi air untuk kolam ikan lele. Pastikan air kolam selalu terjaga suhunya yakni sekitar 20 sampai 28 derajat celcius.

2. Memahami Jenis Induk yang Tepat

Setelah membuat kolam lele, langkah berikutnya yaitu pahami jenis induk yang tepat. Pemahaman tersebut akan mempermudah Anda dalam proses panen ikan lele. Sehingga bisa menghasilkan kualitas ikan lele yang baik. Untuk bisa menemukan induk yang tepat, maka ada beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai karakter fisiknya.
Untuk lele jantan, pastikan untuk memilih ikan lele yang mempunyai karakter fisik dengan tubuh ramping, tulang kepala yang berbentuk pipih, dan berwarna gelap. Sementara untuk lele betina, Anda dapat memilih berdasarkan bentuk fisik yakni perut lebih besar dibandingkan punggung dan tidak terlalu gesit ketika berada di dalam air.

3. Pelajari Mengenai Perilaku Ikan Lele

Ini adalah salah satu aspek terpenting sebelum memulai budidaya lele. Untuk hal ini, Anda dapat memperhatikan tanda-tanda dari induk lele yang Anda miliki. Dimana untuk lele jantan, biasanya mereka akan memunculkan warna merah. Sementara untuk lele betina, mereka akan memunculkan warna kuning. Anda bisa mulai memisahkan ikan lele ke dalam kolam yang berbeda ketika waktunya berkembang biak.
Demikian penjelasan singkat mengenai bagaimana cara memulai usaha ikan lele yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Buat kamu yang tertarik usaha iklan lele tapi terbatas moda usaha bisa ajukan di KlikNSS ya, kamu bisa dapatkan cashback Rp 300 ribu dan potongan angsuran hingga Rp 1,75 juta




Tags: ikan lele, usaha, peluang usaha, omzet

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI