Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Lampu Motor Sering Putus (Sebab & Pencegahannya)


Lampu Motor Sering Putus (Sebab & Pencegahannya)

Lampu Motor yang Tidak Sesuai

Beberapa hal menjadi faktor penyebab dari lampu motor yang sering putus. Kini, bahkan diberlakukan peraturan mengenai lampu yang harus selalu hidup jika saat dikendarai. Beberapa motor keluaran terbaru, sekarang sudah langsung men-setting lampu motor untuk sama sekali tidak bisa dimatikan. Dengan lampu yang harus terus menyala, maka diperlukan aliran listrik dari aki (ACCU) untuk membuat lampu motor berfungsi dengan semestinya. Daya dari aki akan mengaliri seluruh kegiatan motor yang memerlukan dayanya, sehingga aliran listrik perlu berjalan berimbang secara keseluruhan pada motor. 


Hal ini menjelaskan jika lampu motor diharuskan untuk menggunakan lampu yang sama/sesuai dengan watt dan voltase lampu motor yang ditentukan. Yang sering terjadi adalah mengenai lampu yang dipasang tidak standar dan mudahnya lampu tersebut untuk panas menjadi sebab utama lampu motor sering putus. Oleh sebab itu perlu untuk menggunakan lampu yang sesuai dari Honda Genuine Parts untuk tipe motor keluaran Honda.



Penyebab Lain dari Lampu Motor Sering Putus

Sejatinya, lampu motor akan putus pada waktunya, umumnya ketika motor telah berusia satu tahun pemakaian. Tetapi jika yang terjadi adalah lampu motor sering putus, berarti terdapat beberapa penyebab lain di luar usia lampu tersebut. Penyebab lampu motor sering putus yang lain adalah, sebagai berikut:


  • Sekring yang rusak. Komponen ini memegang kendali untuk menjaga aliran listrik tetap stabil ketika terdapat aliran yang terlalu tinggi menuju bagian motor, seperti lampu. Saat sekring rusak maka aliran listrik yang terlalu tinggi dapat menyebabkan lampu terkena tegangan tinggi yang membuat lampu mudah putus.
  • Kiprok yang rusakKiprok berfungsi mengubah arus AC dari generator menjadi arus DC yang diperlukan mengisi aki dan mengalir ke sistem kelistrikan seperti lampu. Jika kiprok rusak maka arus listrik tidak stabil, sehingga lampu akan mudah putus.
  • Aki (ACCU) yang rusak. Aki sebagai sumber kelistrikan harus dalam kondisi yang optimal, karena jika arus yang dialirkan aki terlalu kecil dan tidak stabil akan membuat lampu mudah untuk putus.


Pencegahan dari Lampu Motor yang Mudah Putus

Dari beberapa hal yang menjadi penyebab dari lampu motor sering putus, dapat dianalisa pula apa yang harus dijaga dan dicegah untuk menghindari timbulnya masalah tersebut. Yang perlu dilakukan untuk pencegahan adalah memastikan dan mengontrol kondisi sekring, kiprok, aki dalam kondisi yang baik dan optimal. Selain itu, pastikan untuk menggunakan lampu yang sesuai dengan standar dari motor masing-masing. Jika muncul gejala seperti motor yang sulit dihidupkan atau lampu yang kadang hidup kadang mati, segera cek kondisi aki, kiprok, dan sekring. 

Hal itu untuk memastikan kondisi komponen-komponen tersebut dan menghindari lampu motor yang sering putus. Beli lampu atau komponen lain dari Honda Genuine Parts melalui Official Store KlikNSS di Tokopedia dan Shopee.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI