Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Crankcase (Krengkes) PCX 160 Sering Mentok, Berikut Penyebabnya



Crankcase (Krengkes) Mesin PCX 160 Sering Mentok

Pada edisi rilisan motor matic 160 CC Honda sering didapati perkara mengenai mesin bagian bawah (krengkes) yang mudah berbenturan dengan permukaan yang tidak datar. Hal ini bahkan sering terjadi pada saat motor tidak terbebani muatan yang besar, apalagi jika muatan bobot pada motor memang sedang besar (overload).

Motor matic Honda 160 CC terdapat ADV 160, Vario 160, hingga PCX 160. Seringnya kejadian pada krengkes mesin bawah PCX 160, membuat isu dan masalah di kalangan pemilik PCX 160. Kejadian yang sering terjadi adalah di saat mengendarai di jalan yang terdapat polisi tidur (terlalu tinggi) atau lubang jalan yang cukup dalam.


Penyebab Pasti Krengkes Mesin PCX 160 Sering Mentok

Honda PCX 160 memiliki dimensi motor 1.936 x 742 x 1.108 mm. Hal ini mengidikasikan jika Honda PCX 160 memiliki lebar yang cukup baik. Dengan lebar yang cukup lebar, maka motor dapat menampung lebih banyak muatan. Dapat dilihat pula dari muatan bagasi PCX 160 yang muat hingga 30 liter, membuat Honda PCX 160 dapat memuat beban muatan yang sangat banyak. Jika muatan pada bagasi dimaksimalkan, serta masih ditambah dengan bobot pengemudi maka motor akan lebih terbeban.

Selanjutnya ground clearance (jarak terendah ke tanah) pada Honda PCX 160 yaitu 133 mm juga menjadi problem tersendiri. Dibanding dengan rilisan pertama PCX 160, untuk rilisan tahun 2022-2023 memiliki selisih 4 mm dengan PCX 160 lama memiliki ground clearance 137 mm. Senada dengan hal ini eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti, Bachrul Hanafi juga mengungkapkan jika "PCX 160 punya ground clearance yang relatif rendah sehingga berisiko mentok, oleh sebab itu jaga tekanan ban, shock, dan tidak membebani muatan yang over."


Mencegah dan Melindungi Krengkes Mesin PCX 160 dari Mentok

Melihat masalah krengkes mesin PCX 160 yang sering mentok, membuat pencegahan dan perlindungan perllu dilakukan. Risiko terburuk jika masalah ini dibiarkan terus terjadi yaitu akan menyebabkan kebocoran krengkes hingga pecahnya krengkes mesin.

Pencegahan dan perlindungan dari risiko seringnya krengkes mesin PCX 160 yang mentok dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Menjaga kesesuaian tekanan angin pada ban motor
  • Menjaga shockbreaker dari as shock yang baret karna dapat sebabkan kebocoran oli, sehingga fungsi shockbreaker menjadi memantul-mantul atau justru mengeras.
  • Tidak membebani motor dengan overload, sehingga menurunkan ground clearance lebih banyak.
  • Terakhir, memasang cover krengkes mesin untuk melindungi benturan dengan permukaan yang tidak rata.

Dengan beberapa cara di atas, risiko dan potensi daripada krengkes mesin PCX 160 berbenturan dengan lubang dan speed-trap akan berkurang. Selain itu, pengemudi juga wajib menjaga kecepatan motor untuk tidak terlalu kecang saat melintasi lubang dan speed-trap. Karena dengan kecepatan yang terlalu cepat, akan membuat ayunan roda dengan shockbreaker terlalu besar.



Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI