Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Kenali Kiat - Kiat Sukses Berwirausaha Bagi Pebisnis Pemula

Kenali Kiat – Kiat Sukses Berwirausaha Bagi Pebisnis Pemula




Memulai usaha bisnis dari nol memang tidak hanya membutuhkan modal yang sedikit, namun juga harus memiliki keberanian yang luar biasa. Kiat sukses berwirausaha memang tidak mudah, terkadang membuat banyak orang sudah mundur dahulu sebelum memulai usaha.
Meskipun di awal, kamu akan mendapati perjuangan yang tidak mudah, seperti hasil yang tidak menentu, pembeli yang sepi, dan masih banyak lainnya. Tetapi jangan putus asa, terapkan cara membangun bisnis dari nol seperti berikut ini.

Langkah - Langkah Membangun Bisnis Dari Nol


1. Sesuaikan dengan Passion

Cara memulai bisnis dari nol yang pertama, adalah harus memahami passion kamu. Hal ini agar kamu dapat dengan mudah menjalankan rencana bisnis dan memiliki motivasi meskipun akan menghabiskan banyak waktu, tenaga dan modal.

2. Lakukan Riset Pasar

Setelah bro atau sis mengetahui passion di bidang bisnis apa, berikutnya lakukan riset pasar. Melalui riset pasar, kamu akan mempelajari dinamika bisnis yang ada. Seperti modal awal membangun bisnis, menentukan produk, bisnis plan, kekuatan competitor, hingga untuk mencari supplier yang terpercaya.

3. Matangkan Rencana

Berikutnya matangkan rencana, yakni ada beberapa hal yang menjadi pedoman agar bisnis Anda bisa berkembang, yakni menentukan target, buat alur produksi apakah siap jual atau dalam bentuk jasa, dan matangkan rencana promosi. Baik tidaknya promosi akan menjadi faktor keberhasilan produk Anda untuk dilirik oleh konsumen.

4. Lancarkan Strategi Marketing

Langkah terakhir adalah buat teknik marketing yang unik dan memiliki ciri khas, Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial seperti google bisnisku, email resmi, SEM, dan masih banyak lagi.

Jika hatimu sudah mantap untuk membangun sebuah bisnis, kamu harus paham betul jika seorang pebisnis dituntut untuk memiliki mental yang kuat dan optimis agar bisnisnya dapat berkembang. Simak berikut cara memulai usaha bagi pemula.

1. Mulai Dari Bisnis Kecil

Bagi pemula untuk membuka bisnis tidak usah dipaksa memiliki bisnis yang besar, kamu bisa mencoba membuka bisnis kecil-kecilan seperti menjadi reseller, menjual produk makanan siap saji, jual baju online, dan masih banyak lainnya.
Perlu diketahui jika tidak ada kesuksesan bisnis yang instan, setidaknya kamu harus bisa mengorbankan waktu, tenaga, dan siap mental dalam mengembangkan sebuah bisnis.

2. Fokus Pada Satu Peluang Bisnis

Bagi pemula, dalam menjalankan bisnis kamu harus fokus dalam satu bisnis. Hal ini agar dalam menjalankannya kamu bisa jauh lebih fokus pada satu produk saja. Seperti ide dan pikiran akan lebih terarah dalam mengembangkan bisnis.
Namun, jika bro atau sis mampu mengurus beberapa peluang bisnis hal itu juga termasuk kemajuan bagi pemula. Apalagi di masa pandemi ini sangat sulit menemukan bisnis yang cocok saat pandemi.

3. Kuasai Segalanya Tentang Bisnis Kamu

Saat memulai bisnis, agar bisa memiliki investor. Kamu harus paham dan menguasai segalanya tentang bisnis yang sedang kamu geluti. Hal ini dimaksudkan agar investor tersebut yakin untuk menaruh uangnya di tangan yang tepat.

4. Selalu Mau Belajar Dari Orang Lain

Meskipun bisnis Anda sudah berjalan lancar, namun tidak ada salahnya untuk belajar kepada orang lain. Lantaran dengan berkonsultasi atau belajar dengan orang lain, seperti teman, mentor, maupun orang sukses lainnya, kamu akan dapat mengambil pelajaran dari pada yang sudah dilakukannya.
Perlu diketahui jika saat berdiskusi akan lebih baik banyak mendengar daripada lebih banyak berbicara.

5. Wajib Mempelajari Hal Baru

Pebisnis wajib mempelajari hal baru, hal ini bertujuan agar kamu bisa pelajari segala risiko-risiko dalam bisnis dan bisa mengatasi kegagalan tersebut dengan cara sendiri. Meskipun mengalami kegagalan, jangan mudah putus ada lantaran hal tersebut akan mengajarkan dan mempersiapkan kamu untuk menjadi orang yang sukses nantinya.

Berbicara soal bisnis pemula, mungkin Anda bisa mencoba membuka bisnis minuman kekinian 2021. Yakni seperti menjalankan bisnis minuman boba, thai tea, es kopi susu, minuman dengan brown sugar, cheese tea, minuman es susu regal, dalgona coffee, dan masih banyak lainnya.

Modal bisnis minuman kekinian ini juga tidak memerlukan biaya yang tinggi, namun perlu diketahui jika saat ini sudah banyak pesaing bisnis makanan maupun minuman yang ada disekitaran kamu.

Meskipun memiliki banyak pesaing, namun kamu bisa melakukan promosi melalui media sosial atau mengundang influencer untuk mencicipi minuman kamu, hal ini bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, lantaran review dan influencer tersebut, lho.

Namun, pada dasarnya, tidak ada standar baku untuk menentukan bisnis apa saja yang menguntungkan. Karena hal ini tergantung pada perspektif kamu sendiri dalam mencapai sebuah tujuan.
Tetapi jika Anda masih ingin mengenal beberapa jenis bisnis hari ini yang menjanjikan dan cocok digeluti oleh anak-anak muda maupun orang dewasa. Berikut ulasan yang sudah kami rangkum.

1. Dropshiper

Jenis usaha yang bisa Anda jajal dan bisnis jarang pesaing adalah dropshiper. Usaha ini cocok bagi pemula karena tidak membutuhkan modal yang besar, dan sangat menjanjikan.
Tidak hanya itu, risiko bisnis ini sangat minim. Pasalnya pengiriman barang bisa dilakukan secara langsung oleh produsen atau vendor ke konsumen secara langsung tanpa perantara. Maksudnya kamu tidak perlu menyediakan stok atau mengirimkannya ke pelanggan.

2. Cuci Sepatu

Bisnis yang menjanjikan berikutnya adalah membuka usaha cuci sepatu, lantaran saat ini sepatu sudah menjadi kebutuhan primer dalam aktivitas setiap orang. Apalagi jika musim penghujan tiba, tentu para pengusaha cuci sepatu akan kebanjiran pelanggan.
Kiat sukses berwirausaha cuci sepatu ini memang tidak muda, karena Anda harus memahami pengetahuan soal merawat sepatu serta ada sejumlah peralatan khusus yang harus disiapkan untuk menunjang bisnis sepatu yang akan dijalankan.

3. Bisnis Gorengan

Siapa yang sangka jika kamu membuka bisnis gorengan di masa pandemi akan mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat. Meskipun jenis bisnis ini kerap dipandang sebelah mata, namun peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan sangat menjanjikan, lho.
Apalagi bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar dan tidak harus ahli dalam memasak. Meskipun harga jualan di masa pandemi cenderung naik, namun makanan ini tetap dinikmati oleh banyak pelanggan.

4. Usaha Laundry

Bisnis yang cocok saat pandemi berikutnya adalah bisnis laundry. Selain bisa beroperasi di tengah kota, bisnis ini juga bisa dijalankan di pedesaan, lho. Meskipun tidak adakan seramai di tengah kota, sebab, di kota – kota besar akan lebih banyak perantau yang bekerja daripada ibu rumah tangga biasa.

5. Online Shop

Perlu diketahui jika saat ini bisnis dari hp yang menghasilkan uang juga dapat menguntungkan. Anda bisa membuka usaha fashion maupun bisnis sayuran. Kok bisa dijual melalui media sosial? Tentu lantaran canggihnya teknologi yang membuat usaha sayur segar semakin berkembang dan tidak lekang dimakan jaman.

Bagaimana Anda mulai tertarik untuk memulai bisnis apa hari ini? Itulah tadi beberapa Kiat sukses berwirausaha yang mudah diterapkan oleh para pemula. Nah buat kamu yang mau mencoba perutungan berwirausaha dan butuh dana tambahan, bisa ajukan pembiayaan di KlikNSS lho, kamu bisa dapatkan cashback Rp 300 ribu dan potongan angsuran hingga Rp 1,75 juta.

Ajukan Disini:


Tags : cara sukses berbisnis, usaha yang tidak ada matinya, jenis bisnis yang menguntungkan


Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI