Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Kelebihan Suspensi USD (Upside Down) dari Suspensi Telescopic



Kecepatan dan Kenyamanan

Dalam berkendara, motor memiliki banyak komponen yang mendukung perforna dan kenyamanan motor tersebut. Ketika motor memiliki performa yang bertenaga, pengendara akan mendapatkan kecepatan dan daya yang diinginkan. Dengan kecepatan yang sesuai, konsumsi bahan bakar juga ikut menjadi faktor kenyamanan berkendara. Hal ini terkorelasi karena biasanya semakin motor tersebut memiliki tenaga kecepatan yang besar maka konsumsi bahan bakar akan semakin banyak. Oleh sebab itu, faktor keiritan akan masuk dalam penilaian kenyamanan pada motor. Dalam berbagai komponen yang mendukung kecepatan dan kenyamanan, terdapat peran suspensi yang memberikan support pada kenyamanan sekaligus kecepatan motor. Pada beberapa motor terbaru, terdapat penggunaan suspensi USD (Upside Down) yang memiliki banyak kelebihan ketimbang suspensi telescopic.


Perbedaan Suspensi Upside Down dan Telescopic

Perbedaan struktur adalah inti dari perbedaan suspensi Upside Down dan Telescopic. Struktur dari suspensi Telescopic adalah posisi as shock berada di bawah dan tabung shock berada di atasnya. Sedangkan struktur dari suspensi Upside Down adalah posisi dari as shock di atas dari tabung shock. Dengan perbedaan struktur ini, manfaat yang dihasilkan dari kedua jenis tipe suspensi tersebut juga berbeda. Dengan suspensi Upside Down, motor akan memiliki kelebihan dalam memberikan kenyamanan handling serta mendukung kecepatan motor tetap stabil. 


Kelebihan Suspensi Upside Down (USD) dari Telescopic

Pada motor-motor yang menggunakan suspensi telescopic, motor memiliki pantulan yang lebih bergelombang. Maksud dari bergelombang adalah, motor akan memantul beberapa kali untuk meredam hantaman dari jalanan yang tidak rata. Sedangkan suspensi Upside Down memiliki pantulan yang lebih lembut (tidak memantul-mantul) saat meredam hantaman dari jalanan yang tidak rata. Dengan perbedaan hasil pantulan dari kedua suspensi ini, membuat suspensi Upside Down memiliki kelebihan daripada telescopic.


Mengganti Suspensi Telescopic dengan Upside Down

Pada motor-motor low-end, penggunaan suspensi telescopic lebih mendominasi digunakan sebagai standar suspensi motor tersebut. Namun, penggantian suspensi telescopic dengan suspensi Upside-Down tetap dapat dilakukan. Dengan melakukan perubahan pada bagian segitiga shock, bracket brake kaliper, dan bosh velg, suspensi Upside Down dapat dipasang pada motor yang sebelumnya menggunakan suspensi telescopic. Selain melakukan penggantian pada ketiga bagian komponen motor tersebut, mengubah area spakbor juga perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan bagian tabung shockbreaker yang berada di bawah maka perlu terdapat penyesuaian atau penggantian spakbor motor. 

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI