Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik, Apa yang Harus Disiapkan?


Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik, Apa yang Harus Disiapkan?


Motor Listrik

Setahun terakhir belakangan hingga awal tahun ini, perbincangan mengenai kendaraan listrik sangat hangat di berbagai kalangan masyarakat dan otogeeks di Indonesia. Hal ini dikarenakan munculnya kendaraan roda empat dari beberapa merk ternama yang merilis mobil listriknya secara massal di Indonesia. Dengan banyaknya roda empat yang berbasis listrik, kini beberapa merk motor juga telah ikut meluncurkan tipe produk motor listriknya. Melihat kemunculan ini, Honda juga akan segera meluncurkan produk tipe motor listriknya yang akan dipasarkan secara massal kepada publik dalam waktu dekat. Dengan banyaknya pembahasan mengenai motor listrik, kelebihan dan kekurangan motor listrik pasti ada. Oleh sebab itu, terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan dan disiapkan sebelum BroSis membeli motor listrik.



Kelebihan Motor Listrik

Tentu, dengan melihat kata dari ‘listrik’ maka akan terbesit jika motor ini akan lebih hemat karena menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Jawaban ini benar, motor listrik memiliki kelebihan melalui bahan bakar listriknya yang membuat pemiliknya lebih hemat biaya. Namun muatan listrik pada motor listrik juga berbeda-beda, mengikuti kapasitas baterasi masing-masing motor. Umumnya satu baterai akan dapat digunakan dengan jarak 50 km. Baterainya juga memiliki ‘fast charging’ yang baik, yaitu cukup 2-3 jam untuk mencapai baterai penuh. Berikut adalah beberapa kelebihan motor listrik:


  • Hemat dari biaya service kendaraan, karena komponennya yang tidak kompleks.
  • Hemat biaya bahan bakar.
  • Tahan terhadap air dengan baik.
  • Pajak yang jauh lebih ringan.
  • Adanya subsidi harga dari Pemerintah.

Kekurangan Motor Listrik

Dengan berbagai kelebihan yang ada, motor listrik juga memiliki kekurangan. Meski begitu, kekurangan ini masih saja mungkin untuk dapat diperbaiki dalam waktu ke depan seiring motor listrik terus berinovasi. Berikut adalah kekurangan dari motor listrik:


  • Jika menggunakan motor listrik untuk perjalanan jauh, mungkin motor akan membutuhkan beberapa kali ‘charge’ baterai.
  • Kerusakan yang terjadi pada dinamo atau baterai akan mengharuskan pemilik untuk menggantinya tanpa bisa diperbaiki.


Baterai Lithium Motor Listrik

Baterai yang digunakan pada motor listrik terbuat dari kumpulan sel lithium-ion. Baterai ini memiliki kemampuan untuk menyimpan energi dengan kapasitas besar dan hemat dalam pengeluaran energinya. Bahkan baterai ini tergolong tidak membutuhkan perawatan spesifik, namun tetap saja baterai ini memiliki usia yang akan membuat baterai ini kehilangan kemampuannya perlahan-lahan dan harus mengganti baterai tersebut secara keseluruhan.


Yang Perlu Disiapkan Sebelum Membeli Motor Listrik

Sebelum melakukan pembelian motor listrik, terdapat beberapa hal yang harus disiapkan dan diperhatikan supaya motor listrik BroSis terawat dengan baik. Yang pertama adalah menyiapkan socket listrik khusus untuk ‘charging’ di garasi dan memastikan tegangan listrik rumah minimal 900 VA. Dua hal ini adalah dua poin utama yang harus disiapkan, selain itu lakukan service tepat waktu di bengkel resmi walaupun jarang akan terjadi penggantian parts kecuali kampas rem motor.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI