Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Kampas Rem Vario 160 Cepat Habis Dikarenakan Penyebab Apa



Usahakan Untuk Menggunakan Kampas Rem Orisinil

Sparepart memiliki berbagai macam tipe produk, mulai dari produk asli orisinil, part KW, hingga part palsu. Dengan adanya berbagai macam tipe produk ini, membuat motor juga akan mendapatkan efek tertentu karena penggunaan tipe sparepart yang dipilih. Termasuk dengan komponen sparepart kampas rem, sparepart ini berfungsi penuh pada fungsi pengereman. Dengan fungsi untuk menghentikan disc brake, kampas rem harus memiliki keoptimalan fungsi dan komponen.

Bahkan sempat muncul masalah kampas rem yang sampai mengelupas. Hal ini harusnya tidak ditemukan pada kampas rem yang orisinil. Kejadian mengenai kampas rem yang bisa mengelupas, sangat membahayakan saat motor digunakan berkendara, karena motor otomatis tidak bisa melakukan pengereman dengan baik. Terkait dengan masalah ini, kampas rem Vario 160 cepat habis juga menjadi pertanyaan para pemilik motor ini. Kejadian ini banyak ditemui oleh para pemilik Vario 160, lalu apa yang dapat diperbaiki atau dicegah agar kampas rem bisa lebih awet.


Penyebab Kampas Rem Vario 160 Cepat Habis

Kejadian mengenai kampas rem Vario 160 cepat habis, memang banyak ditemui pada pemilik motor tersebut. Beberapa alasan yang dapat ditemui dari motor Vario 160 muncul dikarenakan dari beberapa kemungkinan masalah sebagai berikut:

  • Ketidaksengajaan menaruh jari pada tuas rem yang menimbulkan pengereman kecil yang tidak terasa.
  • Tipe dan ukuran rem yang menggunakan rem Tokico, mirip dengan yang digunakan pada Honda Scoopy. Jadi memungkinkan pula pengereman yang terlalu berat karena kapasitas mesin motor yang tentu berbeda antara Scoopy dengan Vario 160.
  • Medan yang dilintasi memiliki tipe yang ekstrim, dengan banyak turunan dan belokan.

Sejatinya penyebab inti dari kampas rem Vario 160 yang cepat habis belum ditemukan secara pasti, namun motor ini akan terus mendapatkan pembaruan. Masalah yang sangat dimungkinkan datang dari ketidaksengajaan pengereman dan kemungkinan tipe dan ukuran rem yang kurang sesuai dengan kapasitas mesin.


Final Thoughts (Pencegahan yang Dapat Dilakukan)

Masalah kampas rem Vario 160 cepat habis seharusnya dapat ditangani dengan menghindari menaruh jari pada tuas rem jika tidak melakukan pengereman dan menjaga gaya berkendara. Dengan motor matic yang tidak memiliki engine break, diperlukan untuk menjaga kecepatan Honda Vario 160 di turunan dan menjaga penarikan tuas rem secara perlahan.

Selain itu, menggunakan kampas rem yang orisinil juga diperlukan untuk menjaga optimasi sistem pengereman dan mencegah kampas rem yang cepat habis. Pembelian kampas rem yang orisinil dapat dibeli di bengkel resmi untuk menghindari terjadinya kesalahan beli dengan barang palsu.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI