Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Kampas Rem Depan Habis Sebelah Akibat Masalah Apa




Pengereman Depan Tidak Berfungsi Optimal

Motor yang menggunakan rem cakram pada sistem pengereman depan, memerlukan keberfungsian yang optimal dari seluruh komponen pembentuknya. Kampas rem adalah salah satu yang memiliki peran penting untuk keberfungsian rem depan yang optimal. 

Lalu bagaimana jika pengereman depan tidak dapat befungsi optimal? Tentu terdapat masalah atau kerusakan dari komponen pembentuk pengereman depan. Salah satu yang sering membuat masalah pengereman depan tidak berfungsi optimal adalah datang dari kampas rem yang habis. Uniknya, terdapat masalah mengenai kampas rem depan yang habis sebelah dan menyebabkan fungsi pengereman depan tidak berfungsi optimal.



Faktor Penyebab Kampas Rem Depan Habis Sebelah

Setelah mengerti mengenai seringnya kampas rem menjadi faktor pengereman depan yang tidak optimal, kini perlu diketahui pula penyebab kampas rem habis. Umumnya karena pemakaian setiap hari, membuat kampas rem akan habis pada 10.000 kilometer.

Kampas rem depan habis sebelah juga sering ditemui ketika saat pengemudi bakal mengecek kondisi kampas rem. Penyebab dari kampas rem depan habis sebelah memiliki perbedaan sebab dengan kampas rem depan yang habis secara rata. Bukan hanya karena pemakaian setiap hari atau kilometer, namun terdapat beberapa sebab lain dari kampas rem depan habis sebelah sebagai berikut:

  • Kaliper rem yang kotor dan tidak dilakukan pembersihan saat service rem. Gejala yang dimunculkan seperti piston rem yang terkadang tidak kembali setelah menekan tuas rem.
  • Kampas rem yang tidak orisinil/palsu. Tanda yang diperlihatkan adalah komponen bantalan yang terlihat mengelupas.
  • Bearing roda yang aus. Gejala yang ditimbulkan adalah jalan roda yang terasa oblak, hal ini dapat menimbulkan kampas rem depan yang habis sebelah.

Ungkap eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi "Kampas rem depan habis sebelah biasanya ditimbulkan dari kaliper rem yang kotor atau bearing roda yang aus jadi jalannya roda oblak. Sama sebab satu lagi yang agak jarang terjadi itu datang dari kampas rem yang palsu." Dengan ungkapan ini memperjelas, apa yang harus dilakukan sebagai pencegahan akan terjadinya kampas rem depan yang habis sebelah.



Pencegahan yang Dapat Dilakukan (Final Thoughts)

Dari beberapa penyebab dari kerusakan kampas rem depan habis sebelah, dapat diambil kesimpulan pula terkait apa yang bisa dicegah untuk terjadinya kerusakan tersebut sebagai berikut:

  • Menjaga komponen kaliper dan piston rem depan untuk tetap bersih saat melakukan service rem depan.
  • Mengganti bearing roda yang mulai aus atau menggantinya saat kilometer motor sampai pada 4.000 kilometer.
  • Membeli kampas rem di tempat bengkel resmi untuk mencegah mendapatkan barang yang palsu dengan tampak packaging yang mirip.

Dengan tindakan pencegahan ini, diharapkan para pemilik motor untuk menjaga kesehatan rem dan terus memperhatikan komponen pembentuknya untuk menghindari potensi timbulnya pengereman yang tidak optimal dan membahayakan.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI