Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Jenis Helm dan Fungsi Helm yang Perlu Kita Ketahui

Jenis Helm Dan Fungsi Helm

Tidak hanya sparepart motor yang kita harus perhatikan, aksesoris penting seperti helm juga perlu kita perhatikan. Helm yang kita gunakan tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris biasa. Helm tersebut adalah peralatan resmi yang harus kita gunakan saat berkendara demi keamanan dan mencegah benturan parah di kepala ketika mengalami kecelakaan .

Menurut regulasi SNI (Standar Nasional Indonesia) yang sifatnya wajib, helm yang kita pakai haruslah sudah bersertifikat SNI yang dikeluarkan oleh BSN (Badan Sertifikasi Nasional).

Melalui peraturan Kementerian Perindustrian dalam Peraturan Kementrian No.40/M-IND/PER/4/200 (tentang Pemberlakukan Standar Nasional Indonesia (SNI) Helm Pengendara Kendaraan Bermotor Roda Dua Secara Wajib), menghimbau kepada masyarakat untuk memakai helm saat berkendara, guna membantu pengendara motor untuk terhindar dari debu dan kotoran saat berkendara, serta terhindar dari hal yang tidak di inginkan.

Nah karena itu, mari kita mengenal lebih dalam lagi, 3 jenis helm berikut fungsinya yang perlu anda tahu :

A) Jenis Helm

1. Helm Half Face
Helm ini memiliki tampilan yang menarik. Helm ini berfungsi untuk melindungi tempurung kepala. Helm ini juga dilengkapi dengan kaca yang dapat melindungi bagian wajah.
Helm ini adalah helm yang sangat mudah untuk dilepas dan dipakai. Helm half face dapat digunakan dalam berkendara jarak dekat dan jarak jauh seperti ke kantor , sekolah dan aktivitas sehari hari.

2. Helm Touring/Modular
Helm ini merupakan perpaduan antara helm half face dengan helm full face. Helm modular memiliki bentuk yang sangat mirip dengan helm full face . Helm ini cocok untuk dipakai ketika touring.

3. Helm Full Face
Helm full face ini merupakan jenis helm yang berfungsi untuk melindungi kepala seluruhnya. Helm jenis full face ini sangat disarankan ketika anda sedang berkendara dalam kecepatan tinggi dan berpergian jarak jauh. Bentuknya yang menutup semua bagian kepala membuat helm ini dianggap sebagai helm yang sangat baik dalam menjaga keselamatan anda ketika berkendara.

B) Fungsi Helm

1. Melindungi Bagian Kepala
Fungsi helm yang pertama adalah untuk melindungi bagian kepala dari kejadian yang tidak di inginkan sekaligus untuk menutup kepala agar berkendara tetap aman.

2. Melindungi Pandangan
Dengan menggunakan helm, kita terlindungi dari gangguan yang bisa terjadi seperti dari debu, binatang kecil, ataupun benda lain yang dapat mengganggu pandangan anda. Helm juga mendukung berkendara anda semakin nyaman dan aman. Jadi gunakan helm dengan kaca rapih dan terang.

3. Atribut Berkendara
Helm merupakan alat yang wajib digunakan ketika berkendara. Aturan dalam penggunaan helm juga telah menjadi peraturan pemerintah secara langsung yang wajib dipatuhi bagi seluruh pengendara kendaraan bermotor.

Bila anda mencari sparepart motor dan aksesoris AHM, motor Honda yang original, cukup cari di: https://www.kliknss.co.id/sparepart

Dapatkan promo menariknya!!

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI