Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Jadi Distributor Sparepart Motor Ori Gimana Caranya



Beberapa diketahui, menjadi distributor adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan pemasukan yang menjanjikan. Sejatinya menjadi distributor juga bukan berarti 'pasti mudah' dalam mendapatkan pemasukan, karena kompetisi pada area distributor juga tinggi.

Dengan mengetahui celah dan mengetahui bagaimana mendapatkan keunggulan, kompetisi antar distributor tetap dapat dimenangkan. Namun hal ini tentu memerlukan strategi dan implementasi yang excellence.

Data menginfokan, jika penjualan motor memiliki rata-rata sekitar 400.000 unit per bulan pada Juni 2022-Juni 2023 untuk penjualan ekspor dan impor. Mengetahui hal ini, bisa diketahui jika motor memiliki tingkat penjualan yang masih cenderung baik secara trend.

Setelah mengetahui penjualan motor yang masih baik, membuat bisnis usaha sparepart menjadi peluang tersendiri. Menjadi distributor sparepart semakin diminati, karena memiliki harga yang bersaing dan ketersediaan barang yang mumpuni.


Bagaimana Menjadi Distributor Sparepart

Setelah mengetahui jika menjadi distributor sparepart memiliki peluang keuntungan yang tinggi, perlu diketahui dahulu bagaimana caranya untuk bisa menjadi distributor.

1. Mencari Supplier yang Kredibel

Mencari supplier atau pemasok adalah hal pertama yang harus dilakukan. Pemasok ini dapat dicari melalui digital (internet) maupun non-digital. Tips agar terhindar dari scam oleh supplier, Anda bisa meminta untuk memperlihatkan izin usaha supplier hingga mengunjunginya langsung sampai pada gudang persediannya. 


Selain itu, minta keterangan dan data validnya mengenai historis supplier dalam berbisnis untuk mengetahui perihal track record-nya. Terakhir, cari supplier lain untuk dijadikan komparasi mengenai mana yang lebih sesuai. Dengan beberapa tips ini, diharapkan Anda bisa memilih supplier dengan tepat.


2. Mempersiapkan Strategi dan USP (Unit Selling Point)

Untuk memiliki nilai jual yang kompetitif, diperlukan adanya USP (Unit Selling Point) untuk dapat memenangkan persiangan antara distributor lainnya.

Mendapatkan USP yang tepat dan sesuai, diperlukan perencanaan dan strategi yang matang karena hal ini akan berkaitan dengan proses bisnis yang berjalan. Anda pasti tidak mau jika mengatakan bahwa "Kami distributor tercepat!" namun dalam prosesnya Anda sangat lambat dalam menjalankannya. Maka dari itu strategi memerlukan waktu untuk dipersiapkan dengan matang, agar USP yang diberikan bisa sesuai dengan proses bisnisnya.

Yang harus dilakukan pertama adalah Do The Research (Lakukan Riset). Dalam membuat riset, hal yang perlu diperhatikan adalah target market yang dituju. Mengenali market bertujuan untuk menentukan pula bagaimana bisnis Anda harus berjalan. Karena jika apa yang Anda tawarkan tidak sesuai dengan market, maka bisa dipastikan akan kesulitan untuk menjadi market leader sebagai distributor sparepart.

3. Mempersiapkan 'Modal' yang Kuat

Biasanya modal harus menjadi yang pertama untuk dipersiapkan, bahkan banyak di antara mereka yang mengharuskan modal menjadi awalannya. Padahal modal tidak selalu tentang uang, karena semuanya bisa dimulai dahulu tanpa modal. 

Anggaplah jika Anda tidak memiliki tempat/lapak fisik, dunia digital masih bisa dimaksimalkan. Jika modal yang ada belum memadai, menggunakan pembiayaan pihak ketiga juga bisa dilakukan. Maka dari itu, semuanya bisa segera dimulai jika strategi dan supplier sudah didapat.

Akan tetapi jika Anda sudah memiliki modal lain seperti tempat, karyawan, hingga kendaraan pengantar, tentu akan menjadi lebih kuat. Namun hal ini jangan dijadikan halangan untuk memulai. Karna sudah banyak kisah sukses dari mereka yang memulai lebih dulu dengan strategi, USP, hingga implementasi yang baik sebagai distributor tanpa memiliki tempat maupun karyawan.

Strategi bisnis yang unggul, supplier yang tepat, memiliki USP (Unit Selling Point) yang berbeda, perhitungan keuangan yang baik, pengetahuan di bidang sparepart, hingga gimmick di dalam marketing, merupakan modal yang kuat aslinya. Karena tanpa berbagai hal tersebut, impian menjadi distributor sparepart yang unggul akan sulit. Jadi bukan tentang memiliki tempat yang luas, uang yang besar, atau banyak karyawan, yang menjadi modal yang kuat.  


Program JAGADKlikNSS, Untuk Jadi Distributor Sparepart

KlikNSS memiliki program anyar yang disebut JAGADKlikNSS. Program untuk mendapatkan paket usaha sparepart dengan modal menitipkan BPKB motor yang memiliki pencairan minimal 9 juta atau 15 juta.

Dengan menggunakan BPKB motor, maka dapat dikatakan jika Anda memulai usaha distributor sparepart dengan modal 0 rupiah. KlikNSS (Nusantara Sakti) merupakan tangan pertama untuk menjangkau toko, bengkel, maupun distributor dalam menyalurkan berbagai sparepart AHM hingga Federal.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program ini, Anda dapat menghubungi Official WhatsApp KlikNSS secara langsung. Selain melalui nomor ini, Anda dapat melihat video YouTube JAGADKlikNSS yang kami sematkan.

Kami berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada mereka yang ingin memiliki usaha maupun menjadi distributor sparepart orisinil. Bahkan kami juga memberikan pelatihan mengenai digital marketing, pelatihan mengenai sparepart, hingga after-sales untuk mendukung penuh bagi mereka yang mengikuti program JAGADKlikNSS. 

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI