Hindari Hal Ini Untuk Menjaga Throttle Body Lebih Awet
Hampir disemua motor keluaran terbaru menggunakan sistem injeksi, hal ini di klaim konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Selain itu, komponen pada motor injeksi diciptakan dengan salah satu tujuan minim perawatan.
Tidak sama halnya dengan motor yang menggunakan sistem karburator yang menimbulkan banyak keluhan pada pengguna sepeda motor.
Salah satu komponen pada motor injeksi yang menggantikan komponen karburator disebut dengan Throttle Body, Throttle Body befungsi sebagai pengatur masuknya udara pada pembakaran yang diatur oleh katup kupu-kupu.
Filter udara yang dipakai untuk motor injeksi pasti memakai elemen kertas dan terdapat oli khusus untuk penyaringan debu lebih maksimal dibanding jenis filter lain.
Seputar Throttle Body
Masalahnya, banyak pemilik motor injeksi mengganti jenis filter maupun mencopot filter udara agar mendapatkan performa yang lebih baik.
Hal ini bisa mempercepat Throttle Body menjadi kotor dan bukan tidak mungkin akan mengganggu kinerja sensor injeksi.
Tidak hanya Throttle Body yang kotor, bila mencopot filter dan motor digunakan harian, kotoran akan sangat mudah masuk pada ruang bakar.
Disarankan untuk servis Throttle body saat motor sudah mencapai 24 kilometer, namun jangan terlalu sering membongkar Throttle body karna pada Throttle body terdapat sensor-sensor yang dikhawatirkan akan mengalami kerusakan.