Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Hati-hati Terhadap Pinjol Legal, Ada Bunga Hingga 100%



Kecamasan Publik Akan Pinjol Berbunga 100%

Dengan adanya masalah kasus yang muncul ke publik mengenai kasus pinjol legal yang memberikan bunga 100% membuat kecemasan publik. Kasus ini muncul dari sebuah akun Twitter @rakyatvspinjol yang menginfokan adanya kasus mengenai seorang kreditur yang harus mengembalikan nominal pinjaman hingga 19 juta dari pinjamannya yang sebesar 9,4 juta.


Oleh sebab itu, kewaspadaan dan awareness dari masyarakat sangat diperlukan sebelum melakukan pinjaman online di berbagai aplikasi maupun kanal yang legal. 


Tidak berhenti sampai di situ, beberapa waktu lalu juga muncul kasus dari PINPRI (Pinjaman Pribadi) yang berbasis online juga terkena kasus serupa karna memberlakukan bunga yang menyentuh 100%. 



Munculnya Teror Telepon Hingga Orderan Online Fiktif

Meski lebih banyak masalah yang disebabkan oleh pemberi layanan pinjaman online ilegal, namun masih ada pula masalah yang ditimbulkan oleh pinjol legal. Beberapa di antaranya adalah muncul dari DC (Debt Collector) yang membuat kreditur merasa sangat terganggu hingga depresi yang menyebabkan beberapa hal yang lebih berat terjadi.

Aturan ini sejatinya juga telah diatur oleh OJK dan AFPI untuk melakukan sistem penagihan yang baik, tanpa kekerasan, dan tidak membuat pihak kreditur terancam. Namun tetap saja, hal ini masih terjadi di lapangan. 

Bahkan terdapat kemunculan teror telepon yang tertuju pada kantor kreditur bekerja. Hingga orderan fiktif dari layanan pengiriman dan marketplace online, sehingga pihak kreditur diwajibkan untuk membayarkan biayanya. Beberapa hal di atas, berdasarkan fakta dan pemberitaan yang muncul dari para kreditur pinjol legal yang terdampak.


Alternatif Selain Pinjol

Setelah berbagai kasus yang muncul dari pinjol legal dan ilegal, membuat kewaspadaan dan keprihatinan tersendiri. Oleh sebab itu, pinjaman dari pihak lainnya masih bisa dijadikan alternatif jika memiliki kebutuhan akan dana yang mendesak untuk usaha atau hal lainnya.

Seperti pinjaman usaha dari bank yang berbentuk kredit usaha mikro/kecil, hingga pinjaman kebutuhan berbasis BPKB/sertifikat huni yang dapat dilakukan di bank maupun leasing. 

Dua contoh ini dapat dijadikan alternatif lain selain menggunakan pinjol, meskipun tetap perlu untuk dilakukan pertimbangan dan kematangan kapabilitas sebelum melakukan pinjaman.

Yang terpasti, jika Anda akan melakukan pinjaman di pinjol adalah pastikan dahulu lembaga pemberi layanan pinjol tersebut memang kredibel, aman, dan memiliki validitas ijin usaha yang resmi.



Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI