Fungsi dan Perawatan Vanbelt Sepeda Motor Matic
Vanbelt atau V-Belt memiliki fungsi penting untuk motor berjenis matik. Seperti halnya rantai di motor bebek atau sport, sebagai pengantar sekaligus jembatan tenaga yang berasal dari mesin menuju roda belakang.
Namun, bagi pemilik skuter matik (skutik), banyak yang tidak terlalu memperhatikan kondisi Vanbelt. Bahkan, penggantian dilakukan jika komponen tersebut sudah mengalami kerusakan atau putus saat digunakaan.
Kapan harus menganti Vanbelt
Seperti halnya rantai pada motor 2-Tak atau 4-Tak lawas, Vanbelt juga memiliki usia tersendiri. Seperti yang disebutkan di atas, usia dari Vanbelt beragam dan tidak sama antara satu motor matic dengan lainnya. Hal itu dikarenakan beberapa faktor.
Namun, sebagai standar rata-rata kapan harus mengganti Vanbelt adalah ketika motor matik tersebut sudah menempuh jarak 25 sampai 30 ribu kilometer atau sekitar 2 tahun lamanya.
Misalnya masa ganti Vanbelt Honda BeAT sebenarnya telah dicantumkan pada buku manual pemilik kendaraan bermotor yang disertakan saat kamu membeli unit kendaraan. Dalam buku panduan tersebut, insinyur Honda menyebutkan bahwa masa ganti Vanbelt BeAT adalah setiap 24 ribu kilometer atau dua tahun sekali.
Namun, hal ini juga bukan patokan pasti, karena jika kamu sering berkendara dengan beban berat, kemudian motor pernah terendam banjir atau gaya berkendara yang cenderung ugal-ugalan dapat menyebabkan kerusakan pada Vanbelt.
Disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap 10 ribu kilometer pemakaian
Kamu mencari Vanbelt untuk motor Honda kesayanganmu?
Tokopedia KlikNSS Official store
Yuk buruan, checkout sekarang!