Lokasi:

Fungsi dan Perawatan Vanbelt Sepeda Motor Matic

Vanbelt atau V-Belt memiliki fungsi penting untuk motor berjenis matik. Seperti halnya rantai di motor bebek atau sport, sebagai pengantar sekaligus jembatan tenaga yang berasal dari mesin menuju roda belakang.

 

Namun, bagi pemilik skuter matik (skutik), banyak yang tidak terlalu memperhatikan kondisi Vanbelt. Bahkan, penggantian dilakukan jika komponen tersebut sudah mengalami kerusakan atau putus saat digunakaan.

  

Kapan harus menganti Vanbelt

 

Seperti halnya rantai pada motor 2-Tak atau 4-Tak lawas, Vanbelt juga memiliki usia tersendiri. Seperti yang disebutkan di atas, usia dari Vanbelt beragam dan tidak sama antara satu motor matic dengan lainnya. Hal itu dikarenakan beberapa faktor.

 

Namun, sebagai standar rata-rata kapan harus mengganti Vanbelt adalah ketika motor matik tersebut sudah menempuh jarak 25 sampai 30 ribu kilometer atau sekitar 2 tahun lamanya.

 

Misalnya masa ganti Vanbelt Honda BeAT sebenarnya telah dicantumkan pada buku manual pemilik kendaraan bermotor yang disertakan saat kamu membeli unit kendaraan. Dalam buku panduan tersebut, insinyur Honda menyebutkan bahwa masa ganti Vanbelt BeAT adalah setiap 24 ribu kilometer atau dua tahun sekali.

 

Namun, hal ini juga bukan patokan pasti, karena jika kamu sering berkendara dengan beban berat, kemudian motor pernah terendam banjir atau gaya berkendara yang cenderung ugal-ugalan dapat menyebabkan kerusakan pada Vanbelt.

 

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap 10 ribu kilometer pemakaian

Kamu mencari Vanbelt untuk motor Honda kesayanganmu?


KlikNSS menyediakan seluruh sparepart original Honda termasuk Vanbelt lho! Dengan barang asli original AHM tentunya akan membuat masa pakai jauh lebih lama. Dapatkan diskon hingga sebesar 25% dan tentunya gratis ongkir kapanpun dan dimanapun. Kamu bisa memesannya dengan berkujung atau klik ke:

Tokopedia KlikNSS Official store 

Yuk buruan, checkout sekarang!