Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Aki Motor, Berikut Fungsi dan Cara Kerjanya



Fungsi Aki Motor

Aki motor atau biasa dikenal dengan accu motor merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang cukup penting dan perlu diperhatikan oleh pengendara. Sebab, Aki motor sendiri merupakan pusat dari segala sumber kelistrikan pada motor. Jika dikatakan sebagai sumber listrik, maka segala fungsi motor yang menggunakan listrik seperti nyalanya lampu dan klakson juga tugas dari aki untuk menyuplai sumber energinya.


Dengan fungsinya yang menjadi sumber untuk memberikan kelistrikan bagi motor, maka kesehatan aki perlu untuk dirawat dan dijaga. Seperti, memastikan bagian kiprok berfungsi normal. Karena terdapat socket arus dari kiprok yang berfungsi mengisi ulang daya listrik ke aki, menjadikan adanya ketergantungan untuk aki tetap berfungsi normal. 


Bahkan dengan aki yang baru sekalipun dapat cepat rusak jika kiprok yang terpasang tidak sehat (tidak mengisi ulang daya aki). Begitu pula jika kabel kelistrikan sudah rusak, aki akan ikut cepat rusak.


Baca juga: Ciri-ciri Spul Motor Gosong dan Penyebabnya


Cara Kerja Sebuah Aki Motor Pada Sistem Kelistrikan



Untuk memfungsikan penuh seluruh sistem kelistrikan, aki akan dibantu oleh berbagai parts lainnya. Mulai dari kabel-kabel pengantar, kiprok, sekring, relay, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui bahwa aki tidak bekerja sendiri untuk mengerjakan sistem kelistrikan, maka terdapat urutan energi yang dilalui aki atau cara kerja aki untuk berfungsi menghidupkan nyala lampu atau lainnya. 

Berikut adalah urutan cara kerja aki secara general dalam andilnya di sistem kelistrikan motor:

  • Aki mengalirkan arus AC menuju kiprok (rectifire) dan sepul (starter com).
  • Selanjutnya, arus listrik dari sepul akan menuju kiprok untuk berbagai fungsi.
  • Kabel hijau (G) sebagai arus negatif, kabel putih (W) untuk memfungsikan pick-up pulser, kabel kuning (Y) untuk lampu, dan merah (R) yang berfungsi mengisi ulang aki dan mengubah arus menjadi DC yang mengarah ke relay-relay.
  • Terdapat kabel berwarna hitam/merah (Bl/R) yang berasal dari sepul menuju ke CDI untuk berfungsi pada pengapian.
  • Dalam cara kerja ini, terdapat sekring (fuse) yang membuat arus untuk stabil dari aki menuju kiprok/sepul dan sebaliknya.

Cara kerja di atas merupakan milik dari kerja aki motor rilisan lawas. Kini kabel kuning (Y) yang berfungsi untuk menyalakan lampu, langsung mendapatkan perubahan arus menjadi DC saat keluar dari kiprok tanpa menuju ke aki terlebih dahulu. Oleh karena itu, motor yang rilis mulai 2015 memiliki lampu yang langsung hidup sejak saat kunci kontak diputar ke-ON.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI