Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Efek Ganti Knalpot Motor Matic (Positif dan Negatif)


Efek Ganti Knalpot Motor Matic (Positif dan Negatif)

Alasan Menggunakan Knalpot Racing

Banyak orang yang menyukai motornya untuk menggunakan knalpot racing. Suara yang menggelegar, sensasi berkendara yang berbeda, hingga rasa motor yang memiliki tarikan enteng, adalah beberapa alasan yang dibuat oleh para penggemar knalpot racing. Sejatinya, motor akan memunculkan berbagai dampak positif dan negatif dari efek ganti knalpot motor. Baik dari efek positif maupun negatif, harus dipertimbangkan betul sebelum melakukan penggantian knalpot motor.



Efek Ganti Knalpot Motor Matic

Tahun berjalan, kini motor matic menjadi pilihan utama banyak orang untuk menjadikannya kendaraan roda dua pribadi yang nyaman untuk digunakan di jalanan perkotaan. Dengan banyaknya motor matic yang ditemukan di jalanan, motor matic dengan knalpot yang sudah diganti juga banyak ditemukan. Lalu apa dampak yang dapat ditimbulkan dari efek ganti knalpot motor matic yang positif dan negatif. Berikut ini adalah beberapa efek positif dan negatif yang dapat timbul:


  • Tarikan motor akan lebih ringan (Positif), akibat dari ditiadakannya perputaran pembuangan gas pada silencer.
  • Konsumsi bahan bakar lebih boros (Negatif), karena tarikan motor yang lebih ringan.
  • Gas buang justru nembak-nembak (Negatif), akibat dari tidak sesuainya setting-an saat penggantian knalpot.
  • Motor yang jadi ngempos/tidak bertenaga (Negatif), akibat diameter silencer yang terlalu besar membuat tenaga yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kemampuan standar motor.
  • Motor jadi brebet (Negatif), karena akibat ‘ngempos’ yang tidak segera diperbaiki.
  • ECU/ECM yang rusak (Negatif), dikarenakan ketika penggantian knalpot juga melakukan remap ECU yang berisiko merusak ECU lebih cepat karena mengubah standar aslinya.


Pros and Cons Tentang Ganti Knalpot Motor Matic

Untuk dampak dari mengganti knalpot racing, terdapat efek positif dan negatif tersendiri. Dengan adanya efek yang positif dan negatif dari ganti knalpot motor matic, pertimbangan perlu dilakukan dengan detail dan berulang. Yang paling pasti harus dilakukan jika akan mengganti knalpot motor matic, pastikan bahwa knalpot yang akan digunakan harus orisinil, sesuai dengan spesifikasi mesin, dan memiliki suara yang tidak berlebihan. 


Sedangkan jika memang memilih untuk menggunakan knalpot standar dan tidak mengganti knalpot tersebut, pilihan itu sudah baik dilakukan karena knalpot standar telah melewati uji emisi, sesuai dengan spesifikasi mesin, mendukung performa mesin dengan maksimal, konsumsi bahan bakar yang sesuai, hingga suara yang sudah sesuai standar.



The Takeaways

Dengan melakukan penggantian knalpot motor matic efek positifnya adalah tarikan motor lebih ringan. Sedangkan untuk beberapa efek negatifnya adalah konsumsi bahan bakar lebih boros, motor jadi ngempos, brebet, hingga ECU/ECM yang rusak. Oleh karena berbagai efek yang dapat ditimbulkan ini. Penting, jika memastikan menggunakan knalpot racing yang orisinil jika ingin melakukan ganti knalpot racing. Namun jika memilih untuk tidak melakukan penggantian, maka knalpot standar yang terpasang merupakan knalpot yang paling tepat dan sesuai untuk mendukung performa motor, keiritan bahan bakar, dan aman untuk kesehatan motor secara menyeluruh hingga jangka panjang.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI