Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Dinamo Starter Rusak Jadi Salah Satu Penyebab Motor Sulit Untuk di Nyalakan


Salah satu komponen penting pada motor yang disematkan untuk kenyamanan pengguna, yaitu electric starter. Dengan adanya electric starter ini maka mesin motor bisa menyala dan siap dikendarai, hanya dalam sekali pencet tombol. Oleh karena itu Anda perlu mengenali ciri dinamo starter motor lemah, agar bisa segera memperbaikinya dan tidak mengakibatkan kerusakan lebih parah.


Baca juga: Penyebab Busi Berwarna Hitam dan Basah, Bagaimana Perbaikannya


Ciri-ciri Dinamo Starter Rusak

Terdapat beberapa ciri ciri yang bisa Anda identifikasi ketika dinamo starter mulai melemah atau rusak. Misalnya starter motor hanya berbunyi tek tek ketika Anda berusaha menghidupkannya. 

 

Padahal aki motor baru saja diganti, namun dinamo starter tidak mau berputar maka hal ini bisa menandakan bahwa komponen dinamo starter mulai melemah atau rusak. Rangkaian sistem elektrik starter motor sendiri sedikit berbeda antara jenis motor satu dengan lainnya. Pada motor bebek, biasanya elektrik starter cenderung lebih simpel. 

 

Komponennya sendiri terdiri atas fuse atau sekring, relay starter, dinamo starter, switch starter dan accu. Bila salah satunya rusak, maka komponen yang lain juga tidak akan mampu bekerja maksimal. Ciri dinamo starter motor lemah pada motor matic, juga tergantung pada komponen lainnya. Di motor matic, terdapat sedikit tambahan yang agak berbeda dari motor bebek.

 

Memanfaatkan switch rem depan dan belakang, dimana harus ditarik bersamaan dengan menekan tombol switch starter. Untuk komponennya sendiri tidak berbeda dari motor bebek. Sedangkan rangkaian sistem elektrik starter motor sport lebih kompleks. Dimana terdapat part yaitu dioda kopling dan switch kopling, yang merupakan pembalik arus ketika switch kopling ditarik. Untuk komponen pada sistem elektrik starter motor sport, terdiri atas relay starter, dinamo starter, switch relay, switch kopling, dioda kopling, fuse, dan accu.


Selengkapnya: Ciri-ciri Spul Motor Gosong dan Penyebabnya


Penyebab dari Starter Motor Tidak Bekerja

Setelah Anda mengetahui ciri dinamo starter motor lemah, maka Anda juga perlu mengetahui apa penyebab dibaliknya. 

 

Seperti yang sudah disebutkan bahwa dinamo starter, bekerja sama dengan komponen lainnya dalam sistem elektrik starter. Sehingga apabila komponen yang lain bermasalah, maka dinamo starter juga tidak bisa bekerja maksimal.

 

Misalnya aki yang mulai nge-drop, maka bisa membuat dinamo starter juga ikut bermasalah. Sebab aki merupakan komponen yang bertugas untuk membuat dinamo starter dapat berputar. Tegangan aki dalam kondisi yang baik harusnya yaitu 12,50 volt, dan ketika kunci kontak dalam keadaan ON setidaknya tegangan aki hanya turun minimal di atas 11,00 volt.

 

Jika tegangan aki turun kurang dari 10,00 volt, maka besar kemungkinan aki mulai ngedrop. Anda bisa melihatnya dari tanda suara klakson yang tidak lagi kencang, dan lampu sein yang tidak begitu terang. Suara klakson serta lampu ini merupakan salah satu sistem kelistrikan, yang langsung dibebankan pada aki. Jadi bila aki ngedrop, tentu akan berpengaruh pada keduanya.

 

Selain aki, komponen lainnya yang bisa Anda identifikasi sebagai ciri ciri dinamo starter rusak yaitu bagian tombol bendik atau relay starter. Relay starter ini merupakan saklar otomatis terhubung bila dialirkan tegangan listrik dengan tegangan kecil, yang kemudian akan membuka arus listrik dengan tegangan yang besar.

 

Apabila relay starter yang rusak, maka tidak akan ada suara cetak cetek ketika switch starter ditekan. Sedangkan bila hanya muncul suara cetak cetek namun dinamo tidak berputar, maka dinamo starter itu sendiri yang mengalami kerusakan. Selain itu apabila relay rusak, biasanya akan terjadi konsleting sehingga dinamo akan berputar meski tombol switch starter ditekan.

 

Dinamo starter sendiri umumnya terletak di sekitar mesin, biasanya dekat dengan blok magnet bila pada motor bebek dan sport. Karena dinamo starter ini berhubungan langsung dengan pinion starter, yang kemudian menyambung pada one way starter. Dimana one way starter tersebut letaknya ada di bagian belakang blok magnet.

 

Untuk motor matic, dinamo starter umumnya diletakkan pada bagian CVT. Dan dekat dengan posisi crankshaft atau bandul. Kerusakan yang bisa terjadi pada dinamo ini sangatlah beragam, mulai dari magnet yang pecah, sikat starter yang habis terkikis setelah pemakaian dalam jangka waktu lama, serta adanya korsleting pada bagian lilitan kawat tembaga.

 

Kemudian pada pinion starter yang berhubungan langsung dengan dinamo starter, Anda juga bisa mengidentifikasi ciri ciri dinamo starter rusak pada komponen satu ini. Kerusakan pada one way starter bisa ditandai dengan kondisi dinamo yang berputar, namun kondisi mesin tidak ikut berputar. Hal ini banyak terjadi pada motor yang telah digunakan dalam waktu yang lama.

 

Keberadaan dari sistem elektronik starter ini memang memudahkan para pengguna ketika hendak berkendara. Anda akan merasakan betapa pentingnya komponen satu ini, bila fitur tersebut sudah rusak atau bermasalah. Salah satu part dalam elektronik starter sendiri yaitu dinamo starter, ketika bagian ini rusak maka mesin kendaraan pun tidak bisa dihidupkan.

Buka Toko Parts Mulai 5 Juta

KlikNSS Distributor AHM Hingga Indoparts

Cari Parts yang 100% Ori?

Kunjungi eCommerce KlikNSS

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI