Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Daftar Usia Kilometer Ganti Komponen CVT Motor Matic



CVT Jadi Bagian Terpenting Motor Matic

Dari berbagai komponen dan parts yang menyusun motor matic, CVT merupakan salah satu yang utama untuk dijaga kesehatan dan performanya. Ya bagaimana mungkin motor matic dapat berjalan dengan selayaknya jika CVT-nya bermasalah, oleh sebab itu menjadi hal yang tak kalah penting untuk memahami dan mengetahui usia kilometer ganti tiap komponen CVT.

Daripada menunggu hingga terjadi kerusakan yang lebih parah, maka tiap pengemudi atau pemilik motor matic wajib untuk melakukan service rutin secara berkala untuk CVT setiap 8,000 kilometer sebagai angka minimalnya. Dengan mengetahui usia habis atau usia kilometer tiap komponen CVT ini, juga akan membantu para pemilik motor matic untuk menyiapkan biaya untuk penggantian dari jauh-jauh hari.


Daftar Usia Kilometer Ganti Komponen CVT

CVT motor matic memiliki berbagai bagian penting untuk jadi penggerak motor matic. Berikut di bawah ini terdapat tabel mengenai daftar usia penggantian berbagai komponen CVT motor matic menggunakan ukuran kilometer:

Tabel Usia Ganti Komponen CVT Motor (dengan Kilometer) 

Komponen CVT Usia Penggantian (Kilometer)
Set Piece Slide & Grease Bearing Tiap 8,000 km
Weight Set RollerTiap 16,000 km
VanbeltTiap 24,000 km
Kampas GandaTiap 24,000 km
Per CVTTiap 24,000 km
Rubber Clutch DamperTiap 24,000 km
Oil Seal Drive FaceTiap 24,000 km
Set Bearing Tiap 32,000 km
Oil Seal Kruk AsTiap 32,000 km
Face Comp Drive FaceTiap 32,000 km

*Dengan asumsi motor digunakan setiap hari dengan penggunaan 10-20 km per hari


Dari daftar ini, pengemudi dan pemilik motor matic bisa lebih memperhatikan kondisi CVT-nya tiap kilometernya. Dari usia komponen CVT motor matic ini, dapat dilihat jika usianya masing-masing komponennya memiliki kecenderungan untuk habis tiap menyentuh jarak tempuh 8,000 km.

Yang pertama dan harus diingat, motor matic wajib untuk masuk ke ruang service tiap 2,000 km. Karna dari pengecekan berkala yang dimulai dari 2,000 km akan membuat motor lebih termonitor dari berbagai risiko kerusakan apa yang akan terjadi.

Catatan dari daftar usia ganti kilometer tiap komponen CVT ini adalah bisa saja berbeda dengan aktualnya. Karena hal tersebut memiliki kemungkinan lain seperti jika pemakaian motor digunakan di jalan yang bermedan ekstrim setiap harinya dan dipakai setiap hari. Atau justru motor tersebut jarang digunakan setiap harinya. 


Apa yang Paling Harus Diwaspadai di Komponen CVT?

Dari list yang ada di atas, motor matic memiliki berbagai komponen CVT yang harus diperhatikan. Namun pertanyaan mengenai mana yang paling penting atau harus selalu diperhatikan pasti juga menjadi pertanyaan. Jawabannya adalah ketika masuk di 24,000 kilometer. Ya, dikarenakan pada jarak tempuh 24,000 kilometer tersebut terlihat bahwa banyak komponen CVT yang harus diganti.

Mulai dari komponen vanbelt, kampas ganda, per CVT, rubber clutch damper, hingga oil seal drive face harus diganti di waktu yang bersamaan saat menyentuh 24,000 kilometer. Umumnya ketika vanbelt sudah terlihat getas atau retak dan sudah terlihat berisiko putus maka komponen lainnya seperti kampas ganda, per CVT, rubber clutch damper, dan oil seal drive face sudah saatnya untuk diganti. Karena pada parts tersebut semuanya menjadi satu kesatuan untuk menjalankan fungsi gerak.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI