Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Ciri-ciri Spul Motor Gosong dan Penyebabnya



Fungsi Kerja Spul Motor

Motor juga membutuhkan tegangan daya listrik untuk memfungsikan keseluruhan bagian motor. Salah satunya adalah pada bagian kelistrikan, bagian ini membutuhkan tenaga listrik untuk memfungsikan keseluruhan parts-nya. Salah satu yang parts yang berfungsi untuk menjalankan bagian kelistrikan adalah spul motor. 

Spul motor berfungsi untuk memproduksi/menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC). Arus listrik AC (Alternating Current), adalah arus yang besar dan arah arusnya selalu berubah dan berbolak-balik. Arus AC berfungsi untuk mengubah energi listrik arus bolak-balik menjadi energi gerak atau mekanik berupa putaran dinamo (rotor). Jika bagian spul motor gosong/terbakar, biasanya akan memunculkan ciri-ciri seperti lampu yang kadang menyala terang dan kadang tidak.


Ciri-ciri Spul Motor Gosong atau Terbakar

Dalam menjalankan fungsinya, spul motor diharuskan dalam keadaan yang optimal agar produksi arus listrik AC dapat optimal. Jika terdapat kerusakan, biasanya dikarenakan spul motor gosong atau terbakar. Dan berikut ini adalah ciri-ciri spul motor gosong:

  • Lampu motor yang terkadang menyala terang, kadang menyala redup
  • Aki tidak memunculkan pengisian ulang
  • Nyala dari lampu sein yang tidak optimal
  • Hidupnya suara klakson yang tidak optimal pula
  • Starter electric yang sulit berfungsi

Dengan beberapa ciri-ciri spul motor gosong ini dapat diartikan juga jika ciri-ciri ini memiliki kemiripan pula dengan kerusakan parts penyusun kelistrikan yang lain. Oleh sebab itu diharuskan juga untuk melakukan pengecekan kelistrikan secara menyeluruh agar perbaikan yang dilakukan tepat.


Penyebab Spul Motor Gosong atau Terbakar 

Kerusakan yang menyebabkan spul motor gosong terdapat beberapa faktor. Yang umum menyebabkan spul motor gosong dan terbakar adalah pemasangan komponen yang menggunakan kelistrikan tinggi seperti penggunaan lampu projie. 

Eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi menginfokan "Seringnya sih dikarenakan oleh penggunaan barang yang membutuhkan tegangan listrik yang tinggi seperti lampu projie, lampu DRL custom di sein, atau LED custom di lampu belakang. Selain itu ya ganti oli telat juga bisa, untuk tipe spul motor yang basah. Terkahir ya efek kebanjiran/kena air karena spul motor jadi korosi."

Dari penyampaian ini dapat dimengerti jika penyebab spul motor gosong atau terbakar dapat diawali dari penggunaan lampu custom bertegangan tinggi, ganti oli yang telat (tipe spul motor basah), dan akibat kebanjiran. Pastikan selalu untuk mengecek kelistrikan setiap melakukan service dan rutin mengganti oli setiap 2000 kilometer.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI