Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Cara Mengatasi Komstir Oblak dan Apa yang Harus Diganti



Masalah Komstir yang Sangat Penting

Bagaimana jika pengemudi mengendarai motor dengan rasa stang kemudi yang terasa oblak? Tentu akan membuat bahaya si-pengemudi dan penumpang. Lalu apakah motor Anda juga sedang mengalami masalah yang mirip ini? Jawabannya bisa jadi dari komstir (Steering Head). 

Komstir adalah komponen steer yang memiliki fungsi untuk memberikan keseimbangan bermanuver dan meminimalisir getaran saat roda depan melintasi berbagai tipe kontur jalan. Dengan pentingnya fungsi ini, membuat komstir diharuskan dalam kondisi yang baik dan optimal.

Dengan memahami masalah komstir oblak memiliki risiko bahaya yang tinggi maka mencari tahu penyebabnya untuk perbaikan harus segera dilakukan. Lalu bagaimana cara mengatasi komstir oblak, dan perbaikannya?



Bagaimana Mengatasi Komstir yang Oblak 

Masalah pada komstir yang oblak, membutuhkan perbaikan ulang untuk mengembalikannya pada setting-an dan kondisi yang standar. Berikut adalah beberapa caranya:

  • Setting ulang gerak bebas yang dengan mengencangkan mur komstir sesuai ukuran standar
  • Pengecekan visual kondisi fisik komstir, untuk melihat apakah terdapat korosi pada rumah komstir dan keseluruhan area steering
  • Melakukan pelumasan dengan grease pada bagian kabel gas, kabel rem, kabel kelistrikan, dan rumah komstir pada area steering head
  • Ball steel pada rumah komstir diharuskan dalam kondisi terlumasi dengan baik, untuk menghindari ball steel yang kering sehingga menyebabkan rumah komstir terkikis dan membentuk celah antara rumah komstir dengan bearing pada steer

Senda ungkapan eks Kepala AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi "Kalau pertama cara mengatasinya dilakukan pengecekan fisik dulu, selanjutnya setting ulang gerak bebas dengan mengencangkan mur komstir sesuai ukuran, lalu cek rumah komstir jika ada karat maka perlu pelumasan, ball steel juga perlu dicek apakah kondisinya kering yang biasanya terlihat dari adanya celah antara rumah komstir dan steer bearing. Terakhir ya kalau karatnya udah banyak, ganti rumah komstir. Tapi bisa juga ganti ball steel/mur-nya saja kalau karatnya hanya ada di part itu."

Cara mengatasi yang terakhir jika oblak masih muncul adalah penggantian komstir. Selain itu jika karat sudah muncul banyak pada area rumah komstir, maka penggantian harus dilakukan. Teruntuk bagian mur komstir dan ball steel dapat diganti secara terpisah (tanpa mengganti rumah komstir), jika munculnya korosi hanya ada pada dua bagian tersebut.



Berbagai Penyebab Komstir yang Oblak

Masalah yang memunculkan komstir menjadi oblak ini terdapat tiga sebab utama, berikut adalah penyebabnya:

  • Seringnya menghantam kontur jalan yang rusak atau berlubang dengan kecepatan tinggi
  • Usia motor yang melebihi lima tahun, membuat komstir juga berpotensi berkarat
  • Seringnya terkena panas dan hujan yang membuat tingkat risiko korosi lebih cepat terjadi

Dengan ketiga penyebab utama ini, masih dimungkinkan pula terdapat sebab lain seperti motor yang ambruk hingga kecelakaan. Rutin untuk melakukan pengecekan dan service area steering head selama enam bulan sekali, dapat dilakukan untuk mencegah komstir yang oblak.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI








versi 1.0.18