Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Cara Memilih Simulasi Kredit Motor Yang Terbaik dan Ramah di Kantong




Mengenal Faktor Pemilihan Pembelian Motor

Untuk membeli motor, umumnya terdapat dua cara bayar yang dapat dipilih. Pemilihan pembelian secara cash dan kredit motor adalah dua cara bayar tersebut. Untuk lakukan pembelian, terdapat berbagai pertimbangan dan akumulasi perhitungan yang bakal disusun. Mulai dari mempertimbangkan faktor dari spesifikasi motor, hingga akumulasi pengeluaran biaya total pembelian secara keseluruhan.


Spesifikasi motor akan dipertimbangkan melalui sisi kecanggihan, inovasi, fitur baru, hingga tingkat konsumsi bahan bakar. Sedangkan untuk sisi dari perhitungan akumulasi motor, akan menghitung efek biaya kebutuhan sehari-hari terhadap biaya pembelian motor. Untuk mengakomodasi biaya pembelian, konsumen dapat memilih dua cara pembayaran yaitu melalui cash dan kredit motor.


Baca juga: Peluang Usaha 2023 Melalui Spareparts Honda Bertipe Fast Moving



Manfaat Pemilihan Kredit Motor

Dalam memilih motor, sisi spesifikasi dan fitur pasti menjadi poin. Selanjutnya cara mengakomodasi pembelian adalah poin selanjutnya yang perlu diperhatikan. Pemilihan pembelian melalui cash maupun kredit motor, sejatinya sama baiknya dan tidak ada yang lebih buruk. Untuk pembelian cash/tunai, dapat bermanfaat pada pembeli tidak memiliki cicilan untuk pembelian motor. Namun, hal ini perlu dipastikan bahwa pembeli memiliki dana yang cukup dan tidak membebani biaya kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan untuk pembelian kredit motor juga memiliki berbagai manfaat yang dapat memberikan nilai positif tambahan. Berikut ini adalah beberapa manfaat kredit motor:

  • Dengan pembayaran DP yang bervariatif, dapat memberikan pilihan pada pembeli untuk menyesuaikan kapasitas pembayaran awal.
  • Cicilan yang bervariatif, juga dapat menjadi pilihan kapasitas pembayaran bulanan yang sesuai kapasitas pembayaran.
  • Memiliki keuntungan dengan motor yang sudah dapat digunakan lebih dahulu setelah pembayaran DP.
  • Dapat memaksimalkan biaya kebutuhan sehari-hari dengan tidak mengeluarkan dan yang besar saat pembayaran awal.

Empat manfaat ini adalah yang paling umum dari perihal keuntungan dari pemilihan pembelian kredit motor. Selanjutnya, sebelum memilih kredit motor diperlukan untuk menghitung simulasi kredit motor terlebih dahulu agar tetap pas dan sesuai.



Tipe Motor Sama, Besar Bunga Hampir Sama Walau Beda Tenor

Untuk mendapatkan kalkulasi pengeluaran yang pas, diperlukan perhitungan yang tepat. Hal ini untuk mengurangi potensi gagal bayar saat kredit sudah berjalan. Pemilihan DP dan angsuran harus benar diperkirakan, biaya kebutuhan sehari-hari juga harus terpenuhi.

Bunga adalah salah satu faktor yang harus dihitung dan diakumulasi secara tepat. Pertimbangkan dengan saksama, bunga yang akan dikenakan dan pastikan jika bunga tersebut masih dapat terakomodasi. 

Sebagai pengingat, bunga dikenakan akan berbeda untuk jangka tenor yang berbeda. Namun, tenor pendek tidak selalu memiliki bunga yang lebih kecil dari tenor yang lebih panjang. Maka, tenor yang panjang juga tidak selalu dikenakan bunga yang lebih besar dibanding tenor yang lebih pendek. Selanjutnya, tinggi kecilnya DP (Down Payment) juga tidak menentukan besar kecilnya bunga.

Lalu darimana bunga akan ditentukan? Bunga ditentukan melalui jangka tenor yang diambil. Rata-rata bunga yang dikenakan adalah 17%-35% harga motor tersebut. Namun pada satu tipe motor, bunga yang dikenakan tidak akan memiliki selisih yang jauh pada masing-masing tenornya. Perbedaan nilai bunga justru lebih akan terlihat pada tipe motor berbeda. Jadi mau tenor 11 kali maupun 35 kali, jika motor yang dipilih sama maka besarnya bunga masih akan tetap mirip.



Cara Memilih Simulasi Kredit Motor Yang Pas Agar Ramah di Kantong

Setelah mengetahui bahwa besaran bunga masih akan tetap memiliki kesamaan walau tenor yang diambil pendek atau panjang maka cara menghitung kredit yang tepat tinggal menyesuaikan pendapatan tetap perbulan. 

Memastikan angsuran hanya sebesar sepertiga besarnya pendapatan per bulan dan memastikan DP yang dibayarkan tidak melebihi 50% dari uang/tabungan yang dimiliki adalah cara menghitung kredit yang tepat agar kantong tetap ramah. Berikut adalah contoh memilih simulasi kredit motor yang tepat sesuai kantong dengan menggunakan pemisalan:

  • Si-A memiliki tabungan sebesar 30.000.000 dan sedang mempertimbangkan untuk membeli Vario 160 seharga 26.763.000 secara kredit.
  • Pilihan terbaik adalah menggunakan DP sebesar 15.000.000 agar tidak melebih 50% tabungannya.
  • Si-A memiliki gaji per-bulan sebesar 4.500.000, maka angsuran yang paling bijak adalah sebesar 25% dari gaji yaitu 1.125.000. 
  • Dengan tabungan dan gaji tersebut, Si-A direkomendasikan untuk memilih skema kredit Honda Vario 160 2023 dengan DP 15.000.000 dan angsuran 987.000 selama 17 bulan. Dengan estimasi bunga yang bakal dikenakan sebesar 19%. 
  • Jika memang masih terasa memberatkan, maka Si-A dapat menggunakan DP yang lebih ringan dan angsuran yang lebih ringan. Namun, soal bunga pasti akan memiliki kemiripan dengan tenor yang sudah direkomendasikan.

Berikut di atas adalah cara memilih simulasi kredit motor yang tepat di kantong. Dengan menggunakan contoh di atas, kredit yang dilakukan tidak akan memberatkan dan tetap memiliki keseimbangan yang baik dengan biaya kebutuhan sehari-hari. Pastikan kembali kebutuhan dan kemampuan sebelum memutuskan pembelian barang apapun, termasuk motor.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI