Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Cara Aman Sebelum Lakukan Gadai BPKB Online



Apakah Bisa Lakukan Gadai BPKB Online?

Gadai merupakan istilah yang sudah dikenal sejak waktu yang cukup lama. Gadai digunakan sebagai istilah seseorang (pihak pemohon) menjaminkan barang yang dimilikinya kepada pihak yang menampung, untuk selanjutnya pihak yang menampung tersebut memberikan sejumlah uang dan pihak pemohon wajib membayarkan uang yang diteriman agar barang yang dijaminkan dapat diambil kembali di kemudian waktu.

Kini gadai telah beradaptasi pesat bersama perkembangan jaman digital, sehingga memunculkan konsep baru yang dinamai gadai online. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang menginginkan kemudahan untuk mendapatkan pinjaman uang dari gadai BPKB online dengan lebih cepat dan efisien.

Gadai BPKB online merupakan hal yang kini sedang banyak dicari oleh banyak masyarakat. Sebagai alternatif pinjaman dana selain melalui pinjaman online tanpa jaminan. Lalu apakah gadai BPKB online bisa dilakukan? Jawabannya bisa dilakukan namun tetap tidak sepenuhnya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan gadai BPKB online hanya bisa dilakukan hingga sebatas pengajuan dan pemberkasan via online. Sedangkan proses survey lingkungan dan survey tempat tinggal kepada pemohon yang mengajukan, masih harus dilakukan secara offline yang mana haltersebut masih menjadi syarat wajib dari pengajuan gadai BPKB online.


Cara Aman Sebelum Gadai BPKB Online

Setelah mengetahui gadai BPKB online bisa dilakukan, maka perihal mengetahui cara aman sebelum gadai BPKB online perlu dipahami dahulu agar terhindar dari penipuan dan gagal bayar cicilan. Berikut ini adalah cara-cara aman sebelum lakukan gadai BPKB secara online:

  1. Cari pihak penyedia gadai BPKB online dengan penuh kehati-hatian
  2. Memastikan kredibilitas dan legalitas resmi dari penyedia gadai BPKB online (pembiayaan multiguna)
  3. Memastikan kendaraan yang bakal dijaminkan masih dalam kondisi pajak & plat yang hidup
  4. Cek laman penyedia secara detail dan baca setiap syarat ketentuan dari pihak penyedia
  5. Lakukan pengajuan dengan hati-hati dan isi setiap form online yang disediakan dengan sesuai
  6. Sebelum mengirim form pengajuan, pastikan nilai cicilan dan tenor yang dipilih senilai dari seperempat penghasilan tetap bulanan

Memastikan nilai cicilan untuk tidak melebihi seperempat penghasilan total ini bertujuan memudahkan proses pengajuan dan persetujuan dalam pengajuan. Karna dengan itu, nilai pencairan dari gadai BPKB online juga bisa didapat maksimal. Selain itu pajak & plat yang hidup juga mendukung nilai pencairan.

Itu tadi merupakan cara yang aman sebelum melakukan gadai BPKB online. Pastikan juga jika Anda tidak memiliki tunggakan di tempat lain, agar pengajuan lebih mudah lagi untuk disetujui. Sedangkan untuk status rumah, semuanya bisa mengajukan kecuali masih tinggal di kos.

KlikNSS (Nusantara Sakti - NSC Finance) merupakan salah satu opsi untuk Anda yang memiliki kebutuhan gadai BPKB secara online. Kami terverifikasi dan tersertifikasi untuk memberikan pembiayaan multiguna dengan BPKB motor/mobil, serta telah terdaftar dan diawasi OJK secara resmi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman berikut atau lakukan pengajuan awal secara langsung lewat form yang tersedia di artikel ini.


Lalu Bagaimana Pajak & Plat Kendaraan Mati?

Jika keduanya mati, maka biasanya banyak dari pihak penyedia akan menolak pengajuan gadai BPKB online dari pemohon. Atau nilai pencairan tidak bakal mendapatkan nilai yang maksimal, seperti hanya bisa cair 30% dari nilai pencairan yang seharusnya.

Jika pajak sudah mati, maka denda per tahun perlu dibayarkan senilai berapa tahun lama plat kendaraan tersebut sudah melewati batas pembayaran. Jika telat setahun, maka denda hanya perlu dibayarkan sebesar satu kali. Tapi jika sudah dua tahun, maka harus bayar denda tahunan yang dikalikan dua, dan begitu seterusnya.

Sedangkan untuk plat lima tahunan yang telat, pemohon juga perlu membayar nominal denda yang bakal dihitung seperti hitungan denda pajak. Anda dapat lakukan pengecekan dan pembayaran melaui laman Samsat Online berikut atau mengunjungi Samsat terdekat untuk dapatkan informasi mengenai pembayaran denda pajak/plat yang mati. Selain itu Anda bisa mengeceknya pada STNK yang dimiliki. Di bagian bawah sudah tertera tanggal masa berlaku pajak dan plat secara spesifik.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI