Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Begini Cara Mudah dan Cepat Mengganti Oli Gardan Motor BeAT


Setiap sepeda motor matic menggunakan dua jenis oli yaitu oli mesin dan oli gardan, kedua oli tersebut harus rutin dilakukan penggantian secara rutin untuk tetap menjaga performa dan kenyamanan motor saat digunakan.


Oli gardan atau disebut juga oli transmisi berfungsi sebagai pelumas transmisi pada petunjuk servis motor honda beat penggantian oli gardan disarankan setiap 2000 sampai 4000 km harus melakukan penggantian oli gardan.

Jika kamu ingin mengganti oli gardan sendiri caranya cukup mudah untuk dilakukan berikut tahapannya.


Sebelum memulai penggantian oli gardan siapkan peralatan seperti kunci ukuran 12 mm, bisa shock, kunci T, atau kunci ring, untuk membuka baut pengisian dan pengurasan. Selain itu siapkan juga tempat penampungan oli gardan bekas dan oli gardan baru.


Baca juga: Oli Federal Vs AHM Lebih Baik Mana Untuk Motor Honda


Tempat Mengganti Oli Gardan

Tempat untuk penggantian oli gardan berbeda dengan tempat oli mesin. Tepatnya berada pada bagian CVT matic motor. Jika melihat lebih detail, terdapat beberapa baut yang memiliki fungsi berbeda-beda. Untuk mengganti oli gardan, terdapat dua baut di bagian belakang yang berfungsi sebagai pembuka jalur untuk pengurasan dan pembuka jalur untuk pengisian.

 


Baut pengisi (biru) untuk pengisian oli gardan baru dan baut penguras (merah) berfungsi untuk membuang oli bekas yang sudah kotor.


Selengkapnya: Oli Rembes dari CVT, Apa yang Rusak dan Harus Diperbaiki


Tahap Pengurasan Oli Gardan

Sebelum melakukan pengurasan, ada baiknya jika Anda mempersiapkan latar yang datar dan mempersiapkan tempat sebagai wadah sisa oli gardan yang ada di dalam CVT. Berikut adalah urutan cara untuk menguras oli gardan:


  • Posisikan motor pada tempat datar dan gunakan standar tengah
  • Buka baut pengisian terlebih dulu menggunakan kunci 12 dengan memutar berlawanan arah jam sampai terlepas, ini berfungsi untuk memberikan ventilasi saat pembuangan oli bekas
  • Siapkan tempat penampung oli bekas dibawah baut pembuangan
  • Buka baut penguras sampai terlepas dan pastikan oli gardan bekas tertampung pada tempat penampungan oli bekas, tunggu hingga habis di sarankan untuk meniup menggunakan angin kencang (menggunakan kompresor) agar oli bekas terbuang habis


Tahap Mengisi Ulang Oli Gardan

Untuk mengisi kembali oli gardan, urutan caranya lebih mudah lagi. Yang terpenting adalah pastikan dahulu sisa oli gardan Anda sudah berhenti menetes dan pastikan kembali dengan kompresor. Berikut adalah urutan cara mengisi ulang oli gardan:

  • Pasang kembali baut penguras dan kencangkan
  • Buka kemasan oli gardan baru dengan memotong bagian runcing pada ujung atas kemasan oli gardan
  • Masukan oli gardan baru melalui lubang pengisian dengan menekan botol hingga oli dalam botol masuk ke dalam mesin
  • Terakhir pasang kembali baut pengisi sama dengan pemasangan baut penguras dan dikencangkan jangan lupa bersihkan sisa oli yang menempel pada mesin

Dengan mengikuti urutan cara ini, mengganti oli gardan secara mandiri akan lebih mudah dilakukan. Pastikan untuk gunakan oli gardan yang sesuai dan original AHM untuk menghindari malfungsi atau kerusakan pada area CVT.

Buka Toko Parts Mulai 5 Juta

KlikNSS Distributor AHM Hingga Indoparts

Cari Parts yang 100% Ori?

Kunjungi eCommerce KlikNSS

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI