Lokasi:

Begini cara mudah dan cepat mengganti oli gardan motor beat

 

Setiap sepeda motor matic menggunakan dua jenis oli yaitu oli mesin dan oli gardan, kedua oli tersebut harus rutin dilakukan penggantian secara rutin untuk tetap menjaga performa dan kenyamanan motor saat digunakan.

Oli gardan atau disebut juga oli transmisi berfungsi sebagai pelumas transmisi pada petunjuk servis motor honda beat penggantian oli gardan disarankan setiap 2000 sampai 4000 km harus melakukan penggantian oli gardan.

Jika kamu ingin mengganti oli gardan sendiri cara nya cukup mudah untuk dilakukan berikut tahapannya.

Lihat : Daftar Harga Kredit Honda CRF 150

Sebelum memulai penggantian oli gardan siapkan peralatan berikut:

  1. Kunci ukuran 12 mm, bisa shock, kunci T, atau kunci Ring. untuk membuka baut pengisian dan pengurasan
  2. Tempat penampungan oli gardan bekas
  3. Oli gardan baru

Tempat mengganti oli gardan

Tempat mengganti oli gardan

 

Berikut posisi untuk mengganti oli gardan (lihat gambar)

  1. Baut pengisi (Biru) untuk pengisian oli gardan baru
  2. Baut penguras (Merah) berfungsi untuk membuang oli bakas yang sudah kotor

Tahap pengurasan oli gardan

Tahap pengurasan oli gardan

 

  1. Posisikan motor beat pada tempat datar dan gunakan standar tengah
  2. Buka baut pengisian terlebih dulu menggunakan kunci 12 dengan memutar berlawanan arah jam sampai terlepas, ini berfungsi untuk memberikan ventilasi saat pembuangan oli bekas
  3. Siapkan tempat penampung oli bekas dibawah baut pembuangan
  4. Buka baut penguras sampai terlepas dan pastikan oli gardan bekas tertampung pada tempat penampungan oli bekas, tunggu hingga habis di sarankan untuk meniup menggunakan angin kencang (menggunakan kompresor) agar oli bekas terbuang habis

Tahap Mengganti oli gardan

Tahap Mengganti oli gardan

 

  1. Pasang kembali baut penguras dan kencangkan
  2. Buka kemasan oli gardan baru dengan memotong bagian runcing pada kemasan oli gardan

  1. Masukan oli gardan baru melalui lubang pengisian dengan menekan botol hingga oli dalam botol masuk ke dalam mesin
  2. an terakhir pasang kembali baut pengisi sama dengan pemasangan baut penguras dan dikencangkan jangan lupa bersihkan sisa oli yang menempel pada mesin

 

 

Baca Juga :  Harga Motor Scoopy Kredit

Suku Cadang Motor Honda Resmi dan Asli

Suku Cadang Motor Honda Resmi dan Asli

Dapatkan diskon Sparepart Asli Hingga 25%!
Buat kamu yang lagi cari sparepart resmi motor Honda AHM, oli motor Pertamina, oli mobil Pertamina, Federal Oil, oli Super Moto, dan sparepart Indopart, bisa banget kunjungi official store KlikNSS di link berikut: