Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Ban Motor Depan Habis Sebelah (Penyebab dan Pencegahan)


Ban Motor Depan Habis Sebelah (Penyebab dan Pencegahan)


Penyebab Ban Motor Depan Habis Sebelah

Sering dialami maupun ditemui masalah mengenai ban motor depan habis sebelah. Saking banyaknya hal ini terjadi, membuat banyak pengguna menganggapnya hal yang wajar dan lumrah. Padahal masalah ini terjadi karena adanya kerusakan yang terjadi pada motor. Ban yang habis sebelah ini, terdapat beberapa penyebab. Berikut adalah di antaranya:


  • Penyebab utamanya, terdapat kebocoran oli shockbreaker depan motor matic.
  • Ketidaksamaan tinggi shockbreaker depan kanan dan kiri.
  • Bearing roda depan yang sudah aus dan membuat roda sedikit goyang (oblak).
  • Tekanan angin pada ban yang tidak tepat.
  • Rute berkendara yang memiliki banyak satu tipe tikungan (banyak tikungan yang ke kanan atau ke kiri).

Bagaimana Oli Shockbreaker Depan Terjadi Bocor?

Shockbreaker juga memiliki oli khusus untuk menopang fungsi dari shockbreaker tetap baik. Terjadinya kebocoran ini biasa disebabkan oleh kurangnya pembersihan dan perawatan pada shockbreaker depan dari lumpur, kerikil, tanah, dan sebagainya. Ketika shockbreaker jarang dibersihkan, kotoran akan masuk melalui sela-sela dan menimbulkan ‘as shock baret’ dan membuat kebocoran oli shockbreaker. Selain itu, ‘seal shock yang sudah aus’ juga menyebabkan oli shockbreaker bocor dan memunculkan rembesan yang terlihat pada pipa shockbreaker.



Pencegahan Terjadinya Ban Motor Depan Habis Sebelah

Mengingat shockbreaker depan yang bocor adalah penyebab utama, maka perawatan pada shockbreaker perlu untuk dilakukan untuk mencegah ban motor depan habis sebelah. Cara yang dilakukan untuk merawat shockbreaker adalah rutin untuk membersihkan shock depan dan melakukan service shockbreaker setelah 15.000 hingga 20.000 km. Hal ini untuk menjaga dari timbulnya kebocoran shockbreaker. Namun jika sudah mendapati rembesan pada pipa shockbreaker depan, segera lakukan service dengan mengganti seal dan oli baru untuk shockbreaker.


Pentingnya Menggunakan Honda Genuine Parts

Untuk produk motor Honda, disarankan untuk menggunakan Honda Genuine Parts ketika melakukan penggantian parts. Sama seperti masalah ‘ban motor depan habis sebelah’ ini, jika memang terindikasi as shock yang baret atau seal yang aus, ganti dengan produk dari Honda Genuine Parts. Dengan menggunakan parts yang asli, perbaikan juga dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Karna ukuran dan bentuknya pasti pas, sehingga cukup tinggal dipasang saja dan tidak perlu lagi untuk mengubahnya lagi. Parts resmi Honda dapat dibeli di Official Store KlikNSS di Tokopedia Tokopedia dan Shopee.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI