Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Bagian Kendaraan (Motor) yang Cepat Tua dan Butuh Penggantian 




Penuaan Terhadap Bagian (Parts) Motor

Lumrahnya penggunaan suatu barang, biasanya akan terjadi depresiasi atau berkurangnya kerja fungsi pada berbagai bagian komponen pembentuknya. Hal ini berlaku pula pada penggunaan kendaraan motor yang terus digunakan sehari-hari. Oleh sebab penggunaan yang rutin setiap hari ini, maka diperlukan berbagai perawatan dan penjagaan. 

Diperlukannya perawatan ini berfungsi untuk menjaga kondisi motor tetap prima. dalam merawat motor, yang perlu diperhatikan adalah bagian kendaraan yang cepat tua (mengindikasikan kerusakan). Karena usia dari bagian (parts) tersebut memang cepat mengalami penuaan, maka bagian-bagian tersebut perlu untuk dirawat dan dijaga dengan baik.



Bagian Kendaraan Motor (Parts) yang Cepat Tua 

Bagian kendaraan motor yang memiliki usia penuaan yang lebih cepat terdapat beberapa komponen, sebagai berikut:

  1. Kampas Ganda - 24.000 Km
  2. Kampas Rem Depan Belakang - 16.000 Km
  3. V-Belt CVT - 24.000 Km
  4. Busi - 8.000 Km
  5. Filter Udara - 16.000 Km

Selain daripada bagian yang terdapat di atas, masih terdapat beberapa parts yang memerlukan penggantian karena mengalami kehabisan dan harus dilakukan pengisian ulang seperti:

1. Oli - 2.000 Km
2. Air Radiator - 12.000 Km 
3. Minyak Rem - 24.000 Km
4. Aki (Accu) - Usia 2 Tahun
5. Oli Gardan - 6.000 Km

Dengan memastikan berbagai komponen ini diganti sesuai jadwal, maka kondisi optimal motor dapat terjaga. Selain memastikan komponen motor di atas diganti sesuai jadwal, diperlukan konsistensi service rutin untuk memonitor kondisi komponen terjaga waktu penggantian dan perbaikannya.



Final Thoughts

Seperti halnya barang-barang lain yang terus dipakai sehari-hari akan mengalami penurunan fungsi pada seiring jalannya waktu. Maka dari itu, motor juga akan mengalami penurunan fungsi dalam penggunaannya sehari-hari.

Bagian mulai dari V-Belt, Kampas Ganda, hingga Filter Udara adalah contoh beberapa bagian kendaraan yang cepat tua dan butuh penggantian. Selain itu, masih terdapat beberapa komponen yang bersifat liquid (cairan) yang akan habis dan perlu mendapatkan penggantian. Seperti pada Minyak Rem, Aki hingga Air Radiator.



 





Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI