Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Bagaimana Cara Menjaga Tarikan Gas Motor Tetap Responsif



Beberapa motor memiliki tipe tarikan gas yang berbeda-beda. Dengan perbedaan tipe tarikan, namun masing-masing motor diharuskan tetap dalam keadaan tarikan gas yang responsif.

Maksud dari gas responsif ini adalah kondisi dimana motor dapat berjalan dengan optimal, mengikuti tarikan yang gas dari pengemudi. Jika kondisi ini tidak bisa terjadi, maka hal ini akan membuat motor tidak dapat berjalan optimal sesuai dengan tarikan gas dari pengemudi.

Setelah mengetahui pentingnya motor untuk tetap memiliki tarikan gas yang responsif, maka penting pula untuk mengetahui bagaimana caranya agar motor tetap memiliki tarikan gas yang responsif.



Menjaga Tarikan Gas Motor Tetap Responsif

Untuk tetap menjaga motor nyaman digunakan berkendara, maka diperlukan adanya perawatan yang optimal. Selain motor menjadi tetap nyaman, usia motor juga bakal lebih panjang karena motor selalu dicegah dari berbagai kerusakan yang berisiko. 

Dari berbagai perawatan yang harus dilakukan, menjaga tarikan gas yang responsif adalah keharusan. Dan berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan:

  1. Tidak melewati batas usia oli setiap 2,000 kilometer atau dua bulan.
  2. Menjaga gaya berkendara dengan tidak menarik gas secara arogan.
  3. Rutin untuk membersihkan ruang bakar dan saluran tangki dengan injector cleaner.
  4. Mengganti filter udara jika seal-seal sudah kotor atau diganti tepat waktu pada 16,000 kilometer.
  5. Memastikan kondisi injector dalam kondisi optimal untuk mendistribusikan bensin.
  6. Memastikan kondisi filter bensin dan fuel pump assy dalam kondisi baik, serta tidak mengalami kemacetan dalam mengalirkan bensin dari tangki.

Enam cara di atas adalah beberapa tips tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga tarikan gas untuk tetap responsif dan optimal. Selain dari cara-cara di atas, mengecek kondisi selang saluran bensin, kondisi kabel gas, dan kondisi piston, bisa dilakukan sebagai tambahan tindakan tiap jadwal service dilakukan.



Final Thoughts

Selain menjaga tarikan gas motor untuk tetap responsif, banyak hal yang harus dilakukan tiap bulan atau tiap jadwal service motor ditetapkan. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah mengecek bagian engine mounting untuk menjaga stabilitas dan kekuatan motor menahan beban.

Hal ini juga sangat diperlukan selain mengecek kondisi mesin, kondisi gas rem, dan kondisi fisik body. Stabilitas motor sangat diperlukan, melihat jalanan yang dilalui juga tidak selalu mulus. Apalagi jika gaya berkendara tidak dijaga, lalu engine mounting tidak pernah dicek atau diganti, hal ini bisa membuat rangka patah. 

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI