Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Apa itu Seher, Blok Seher dan Stang Seher?


Seher, Blok Seher dan Stang Seher memiliki fungsi sangat penting dalam proses pembakaran, dimana komponen ini berfungsi mengkonversi daya ekpansi dari pembakaran menjadi gerakan energi mekanik.

 

Seher motor bekerja dengan dukungan beberapa komponen lainnya, seperti Blok Seher salah satu komponen penting pada motor yang bersifat statis yang fungsinya sebagai tempat bergeraknya piston atau seher dalam proses pembakaran untuk menghasilkan energi gerakan mesin. Lalu ada karburator yang berfungsi mensuplai bahan bakar dan udara, dan busi motor berfungsi untuk menghasilkan percikan api kecil, dan masih banyak komponen pendukung lainnya.


Baca juga: Dimana Tempat Uji Emisi Untuk Motor dan Bagaimana Cara Lolos Uji


Apa Itu Seher atau Piston Motor?

Seher memiliki bentuk ukuran atau dimensi terbilang cukup kecil, namun seher atau piston dapat membuat motor anda dapat melaju dengan sangat cepat. Membahas mengenai ukuran piston motor atau seher, memang sangatlah beragam dan berbeda setiap jenis motornya. Contohnya saja mesin motor honda vario 125 dan 150 memiliki ukuran diamater seher berbeda. Semakin besar CC dari motor, biasanya seher yang terdapat di dalam mesin juga akan memiliki ukuran lebih besar pula dari motor-motor ber CC kecil.


Selengkapnya: Bagaimana Cara Menjaga Tarikan Gas Motor Tetap Responsif


Fungsi Seher atau Piston Motor

Seher motor memiliki fungsi untuk pembakaran, didalam ruang pembakaran yang didukung beberapa komponen yang bekerja yakni seher, blok seher, stang seher, katup, busi dan lainnya. Pada saat proses pembakaran terjadi seher memiliki peran sangat penting untuk mengkonversi daya ekpansi dari pembakaran menjadi gerakan energi mekanik dengan bantuan dari stang seher (penghubung antara seher dan kruk as) yang berfungsi menopang seher untuk bergerak secara naik turun dan menghasilkan putaran pada kruk as. Dimana energi ekpansi merupakan hasil pembakaran dan gas sisa pembakaran, nantinya akan dibawa oleh gerakan piston dari titik atas ke titik bawah. Nah itulah salah satu fungsi dari piston motor atau seher motor.
 
Sedangkan stang seher sendiri merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara seher dengan poros engkol (kruk as). Kerja dari stang seher sendiri yaitu bergerak naik turun yang diakibatkan oleh dorongan dari seher tersebut yang nantinya akan diteruskan ke kruk as.
 
Karena dorongan dari pada seher dengan tekanan yang dinamis melalui proses pembakaran di dalamnya, itu artinya saat seher bergerak ke Titik Mati Atas (TMA) stang seher akan bekerja lebih berat karena mendapatkan tekanan dari seher. Sedangkan ketika seher bergerak ke Titik Mati Bawah (TMB), stang seher akan berkerja secara lebih ringan.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI