Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Apa Itu Injector Cleaner? (Kegunaan, Cara & Manfaat)



Injector memiliki peranan yang penting yaitu untuk mengubah bahan bakar yang mendapatkan tekanan dari fuel pump kemudian dibakar menjadi asap. Jika komponen ini mengalami masalah maka kemungkinan mesin akan sulit untuk dinyalakan dan suara mesin akan terdengar kasar. Oleh karena itu BroSis yang memiliki sepeda motor teknologi injeksi harus tahu bahwa komponen ini harus rutin dicek kebersihannya agar tidak mengalami masalah yang sudah disebutkan sebelumnya.


Kegunaan Injector Cleaner

Injector cleaner adalah cairan yang digunakan untuk membersihkan bagian injector pada sepeda motor. Cairan ini berbeda dengan carbon cleaner. Carbon cleaner berfungsi untuk membersihkan kerak hasil pembakaran yang berada di throttle body maupun yang ada di piston.

Injector cleaner berbeda ya BroSis, cairan ini digunakan untuk membersihkan lubang yang ada di komponen mesin injeksi dari sisa pembakaran. Serta mampu bekerja dalam menjaga bahan bakar motor agar kebersihannya selalu terjaga.


Cara Menggunakan Injector Cleaner

Penggunaan cairan ini cukup mudah, yaitu hanya perlu memasang cairan injector cleaner ke alat pembersih yang biasa digunakan di bengkel (injector cleaner tool). Selanjutnya, tinggal menyalakan mesin motor dan, otomatis alat tersebut akan membersihkan komponen injector

Jika BroSis tidak memiliki alat untuk mengaplikasikan injector cleaner, maka datang langsung saja ke bengkel resmi untuk ditindak langsung oleh profesional. Selain dari profesionalitas yang mengerjakan, alat yang digunakan juga terstandar agar dapat mendukung efisiensi tindakan.



Manfaat Menggunakan Injector Cleaner

Terdapat berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika rutin menggunakan injector cleaner saat melakukan service motor rutin per 2000 kilometer. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan untuk motor injeksi:

  1. Bagian injeksi di sepeda motor menjadi bersih dan steril dari kerak kotoran karbon, debu, dan karat
  2. Meningkatkan performa mesin sepeda motor, karena fungsi bagian injeksi menjadi lebih optimal
  3. Membuat proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih efisien
  4. Mengatasi bagian saluran injector yang tersumbat
  5. Membersihkan kepala piston, komponen katup, hingga ruang pembakaran
  6. Dapat memperbaiki pola penyemburan bahan bakar dari injector menjadi lebih lembut/baik


Final Thoughts

Itu dia ya BroSis pengertian, kegunaan, dan manfaat yang didapatkan jika rutin untuk menggunakan injector cleaner. Tentunya gunakan cairan ini hanya diperlukan pada sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi ya BroSis. Jika BroSis juga ingin langsung membeli cairan injector cleaner, dapat langsung mengunjungi e-commerce resmi KlikNSS di Tokopedia dan Shopee.

Selain itu, para pemilik motor injeksi juga tidak perlu khawatir untuk melupakan membersihkan injeksi dengan injector cleaner. Karena tiap service rutin, bengkel resmi akan langsung memasukkan pembelian injector cleaner secara otomatis dan tindakan cleansing injeksi juga bakal otomatis dilakukan.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI